guratgarut.com – Provinsi Kalimantan barat dikenal dengan sebutan “Seribu Sungai” ini memiliki alat musik apa cukup beragam. Tool musik ini tidak dapat dipisahkan dengan tarian adatnya, such Tari kondan yang berisikan pergaulan apa diiringi melalui pantun dan tentunya alat musik tradisional.

Anda sedang menonton: Alat musik tradisional dari kalimantan

Tentunya alat musik ini pribadi keunikan dan ciri khas tersendiri walaupun alat musik di Indonesia terdapat kemiripan siapa tahu itu dari bentuk ataupun bahan apa digunakan. Karena itu tulisan ini dibuat agar were informasi dan wawasan tentang tool musik tradisionalnya kalimantan barat, simak tulisan berikut ini.


*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
Sumber: salimeh1sial.blogspot.com

Kohotong adalah tool musik tradisional Kalimantan west yang dimainkan menjangkau cara ditiup layaknya seruling dari pulau Jawa.

Terdapat perbedaan antara kohotong menjangkau seruling, yaitu di ~ ujung kohotong dibuat lebih besar dibandingkan batangnya dan menyerupai setengah bola.

Lihat lainnya: Lagu Yang Memiliki Tangga Nada Slendro Memiliki Sifat, Tangga Nada Slendro Memiliki Sifat

Kohotong terbuat dari kayu. Kayu apa digunakan noël boleh sembarangan, kayu yang tangan kedua ialah hutan pohon liar atau dahan sianosis enau. Kohotong memiliki 7 lubang yang digunakan untuk mengatur suara atau ton yang dihasilkan.

Penutup

NoNama alat Musik Kalimantan Barat
1Entebong
2Sapek
3Kangkuang
4agukng
5Keledik
6Balikan
7Terah Umat
8Rebab
9Tawaq
10Kolatung
11Hadrah
12Kohotong