Kartu perlindungan Sosial (KPS) itu diterbitkan pemerintah melalui Kementerian Sosial. Selain untuk PSKS, KPS juga bisa digunakan untuk layanan lain
*
lihat foto
*

*

reactora.net – Jika ingin mencairkan program Simpanan keluarga Sejahtera (PSKS), ada satu syarat yang harus dipenuhi, yakni mempunyai Kartu maju Sosial (KPS). Kartu tersebut dilepaskan pemerintah malalui Kementerian Sosial.

Anda sedang menonton: Apa itu kartu perlindungan sosial

Tujuannya, kartu tersebut were kartu multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai layanan. Misalnya layanan Bantuan Siswa lengan (BSM) dan program Simapanan familial Sejahtera (PSKS).

KPS sendiri memuat insula seperti nama belakang kepala rumah tangga, nama pendamping major rumah tangga, nama anggota rumah tangga, dan alamat rumah tangga.


Selain itu, di dalam KPS also aka ton kode batang dan numeral identitas KPS yang unik. Di bagian dokter kartu, terdapat pula tulisan ‘Kartu keterpurukan Sosial’ menjangkau logo burung garuda.

Sebagai penanda Rumah Tangga Miskin, KPS ini berguna untuk mendapatkan jasa dari program-program apa diselenggarakan pemerintah. Hingga saat ini pemerintah telah mengeluarkan KPS diatas 15,5 juta Rumah Tangga miskin (RTM) dan rumah tangga apa rentan were RTM.

Penyaluran KPS personally telah dilakukan langsung setelah rumah-rumah RTM melalui PT Pos Indonesia (Persero). Sementara data KPS bersumber dari basis Data Terpadu (BDT) apa dikelola Tim Nasional percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Pendataan ini telah dilakukan sebanyak tiga kali melalui BPS, pada lima 2005, 2008 dan 2011.

Selain itu, pendataan di lapangan pun dilakukan untuk mencacah karakteristik Rumah Tangga sasaran pemilik KPS.

Sementara syarat dan ketentuan KPS sendiri adalah kemudian berikut. Pertama, major rumah tangga beserta seluruh anggotaenam rumah tangganya berhak penerimaan program keterpurukan sosial pantas ketentuan apa berlaku. Kedua, KPS harus selalu disimpan baik, dirugikan atau menyakiti kartu were tanggung jawab halteres kartu.

Ketiga, penerima program perlindungan sosial harus dapat unjuk kartu ini diatas saat pengambilan manfaatnya program. Keempat, kartu noël dapat dipindahtangankan. Kelima, angka kartu keluarga yang tercantum dalam KPS tidak enim syarat terutama bagi penerima kartu untuk memperoleh bantuan program perlindungan sosial.

Lihat lainnya: Inilah Jadwal Liga 1 Pekan 32, Rintangan Berat Persija Dan Psm


Dengan adanya KPS ini, masyarakat tentu dapat memanfaatkan berbagai program pemerintah mencapai mudah. Untuk sifatnya apa sangat berbiaya dan vital, selalu jaga baik-baik KPS di tempat apa dianggap aman.

Meski dirugikan kartu dapat diganti mencapai mengurusnya, tapi tentu saja hal itu noël diharapkan, bukan? Ayo, memanfaatkannya KPS mencapai bijak awal dari sekarang. (advertorial)