Tari adalah gerak tubuh apa dilakukan secara berira, senada, dan diiringi menjangkau alunan musik yang dilakukan di secara spasial dan waktu apa telah ditentukan. Tari dilakukan buat keperluan pergaulan, membuka perasaan, maksud, dan juga pikiran.

Anda sedang menonton: Apa tujuan dari kritik tari

Tari atau tarian umumnya diiringi mencapai bunyi-bunyian apa disebut musik pengiring tari. Selain menemani itu musik pengiring juga untuk memperkuat maksud apa ingin disampaikan dari tari.

Seni tari noël terlepas dari kritik yang dilakukan melalui para penonton atau kritikus tari. Berikut adalah pengertian kritik tari, tujuan, fungsi, bentuk, dan lain sebagainya.


Pengertian kritik Tari

Tari saman

Kritik adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap karya seni yang dilihatnya. Kritik tari juga bisa diartikan sebagai kegiatan memberikan apresiasi terhadap karya artian tari dengan cara menuliskan back peristiwa pertunjukan artis tari yang sudah dilakukan, atau memberikan remarks terhadap development peristiwa artis tari pada times itu.


Kritik tari disebabkan adanya kegiatan apresiasi karya artian tari, ~ no suatu aktivitas yang hanya mencari kelemahan karya tari setiap orang lain atau mengomentari saya dirampas dan thừa penampilan dari rakyat lain. Kritiknya tari diberikan sebagai informasi kepada masyarakat terhadap sebuah kejadian pertunjukan ataukah perkembangan.

Aspek kritik Tari

Kritik tari mendesak bermanfaat sebagai bahan penilaian guna curam kualitas karya yang dibuat maupun ditampilkan. Pemfitnahan aspek apa dipertimbangkan seorang kritikus dalam melakukan kritik tari adalah kemudian berikut.


Ide/gagasan.Tema.Teknik.Pengolahan materi.Prinsip-prinsip penyusunan.Pengorganisasian dalam mengelola kaidah-kaidah estetik.Keunikan.Gaya individu.Kreativitas dan inovasi.

Selain mayoritas aspek tersebut, seorang kritikus juga akan mengamati musik pengiring, penghayatan di dalam menari, koreografi, properti tari yang digunakan, kostum dan tata rias, serta artistik.

Jenis kritik Tari

Tari jaipong

Jenis kritiknya tari meliputi kritiknya jurnalistik, kritiknya pedagogik, kritiknya ilmiah, dan kritik populer. Berikut penjabaran lengkapnya.

Kritik Jurnalistik, yaitu kritik yang ditulis untuk dibaca malalui pembaca sutar kabar/majalah, tujuannya karena memberi informasi circa peristiwa dalam kesenian tariKritik Pedagogik, yaitu kritik yang diterapkan dalam proses belajar mengajar pendidikan kesenian.Kritik Ilmiah, yaitu kritikan apa dilakukan mencapai pengkajian cost seni secara luas,mendalam dan sistematis baik batin menganalisis maupun di dalam kaji banding kesejarahan vital judgment.Kritik Populer, yaitu kritik yang sebagian terlalu tinggi ditulis melalui penulis yang noël menuntut tehnik kritis.

Baca juga: Contoh Kritik seni Rupa

Fungsi kritik Tari

Fungsi kritik tari adalah membentuk penonton dulu lebih kritis. Nanti terbentuk penonton apa kritis, di atas giliran berikutnya seniman tari atau para kreator tari benar-benar mendapatkan penonton-penonton apa mempunyai bekal pengetahuan apa cukup dan berpandangan apa lebih diskursif serta tebruka, atau dengan pengertian lain mendapatkan penonton apa terpilih.


Maka dari itu, kritiknya mampu menciptakan masyarakat yang berkualitas dan berwawasan mendalam kyung kehadiran sebuah karya seni. Fungsi apa lebih utama selain memberi penilaian, kritiknya merupakan suatu jembatan. Sebuah kritiknya mampu memberi penjelasan kepada masyarakat sekitar adanya suatu karya yang mempunyai bobot, baik berat artistik maupun bobot nonartistik.

Bentuk kritik Tari

Tari merak

Adapun kritik tari dibedakan dulu tiga bentuk yaitu kemudian berikut.

Kritik impresionistik, yaitu kritik yang berupa kesan-kesan memiliki secara subjektif terhadap sebuah karya artis tari.Kritik penghakiman, yaitu kritik yang bekerja secara deduksi ataukah kritik yang berpegang teguh diatas ukuran-ukuran karya artian tari tertentu untuk menentukan karya tari tersebut baik atau tidak.Kritik teknis, yaitu kritik apa tujuannya buat menunjukkan kelemahan-kelemahan tertentu dari sebuah karya artian tari agar seniman penciptanya dapat diatasi kesalahan-kesalahan dan noël terulang di kemudian hari.

Unsur kritik Tari

Adapun unsur kritik tari ada empat yaitu seperti berikut.

Kritik Populer, yaitu kritik yang ditujukan untuk konsumsi mass atau umum. Tanggapan apa disampaikan biasanya bersifat umum, lebih diatas pengenalan atau publikasi sebuah karya.Kritik Keilmuan, yaitu kritik apa bersifat akademis mencapai wawasan pengetahuan, pilihan dan kepekaan yang tinggi untuk menilai /menanggapi sebuah karya seni.Kritik Pendidikan, yaitu kritik yang bertujuan lifted atau curam kepekaan artistik serta estetika obyek belajar seni.Kritik jurnalis, yaitu kritik seni apa hasil tanggapan ataukah penilaiannya disampaikan secara terbuka kepada publik melalui media massa khususnya surat kabar.

Tahapan kritik Tari

Tari piring

Adapun tahapan kritik tari adalah sebagai berikut.


Deskripsi, yaitu does penemuan, pencatatan, dan pendekripsian dari segala macam bentuk hal yang mampu buat dilihat dari suatu karya artis tari.Analisi formal, yaitu does penelusuran dari sebuah karya seni tari apa didasari di ~ struktur formal maupun unsur dari pembentukannya.Interpretasi, yaitu bentuk penafiran dari makna diatas sebuah karya artian tari apa termasuk menjangkau tema yang sedang dilakukan.Evaluasi, yaitu melakukan penentuan terhadap kualitas dari sebuah karya seni tari mencapai cara membandingkannya degan karya artian tari lainnya.

Contoh kritik Tari

Berikut adalah contoh kritik tari Merak Provinsi Jawa Barat.

Tari Merak luaran ciri khas ada properti sayap seperti merak, saat menari memang gerakannya noel cepat dikarenakan properti yang sedikit berat.

Lihat lainnya: Download Lagu Akustik Gitar Indonesia, Free Acoustic Music, Guitar Tracks Mp3 Download

Nah, itulah penjelasan penuh mengenai kritik tari, mulailah dari pengertian, jenis, fungsi, bentuk, unsur, dan contoh kritik tari. Demikian artikel yang dapat kami stock mengenai pelajaran artian budaya di dalam bab kritik tari, begitu banyak, begitu banyak dan semoga bermanfaat.



Mas Pur FollowSeorang freelance yang suka bagikan informasi, ndak hanya untuk mayoritas tapi tambahan untuk minoritas. Hwhw!