Pengobatan hernia tanpa operasi sebenarnya bisa diupayakan, mulai dari alter pola makan hingga mengonsumsi obat-obatan. Namun, perlu milik mereka pahami kalau noël semua hernia atau down berok ini selalu bisa diobati tidak punya operasi.

Anda sedang menonton: Cara mengobati hernia secara alami

Hernia adalah penonjolan organ di dalam pada permukaan tubuh apa terjadi buat kelemahan jaringan atau dinding otot apa melapisinya. Bila kondisinya berkembang menjadi parah, apalagi sampai menimbulkan keluhan sebagai rasa sakit dan noel bisa limbah air besar, dokter tentu saja akan menganjurkan tindakan operasi.

*

Kenali alasan dan types Hernia

Hernia dapat disebabkan malalui kombinasi antara kondisi otot yang terlalu meregang dan melemah. Halaman ini bisa diaktifkan oleh beragam faktor, start dari kapak bawaan lahir, batuk kronis, sembelit, lifted beban yang berat, hingga damage atau komplikasi dari kerja di potongan perut.

Beberapa tipe hernia apa perlu dari mereka ketahui, di antaranya:

Hernia inguinalis

Hernia inguinalis dapat terjadi selagi usus atau jaringan di di dalam perut menonjol nanti area inguinal ataukah selangkangan. Tipe hernia ini paling umum terjadi dan pria maaster lebih berisiko mengalaminya ketimbang wanita.

Hernia umbilikalis

Hernia umbilikalis terjadi selama usus menonjol melalui dinding perut di dekat pusar. Jenis hernia ini lebih sering terjadi di ~ bayi dan anak-anak. Hernia umbilikalis adalah satu-satunya tipe hernia apa dapat membaik mencapai sendirinya, tradisional saat anak berusia usia 1–2 tahun seiring memperkuatnya otot-otot dinding perut.

Hernia hiatus

Hernia hiatus terjadi selama sebagian lambung menonjol usai dalam rongga dada melalui diafragma, yaitu otot yang memisahkan rongga dada dan publik perut. Types hernia ini paling sering terjadi di atas orang berusia di atas 50 tahun. Namun, anak juga bisa mengalami hernia hiatus acibe kelainan bawaan.

Selain itu, masih banyak lagi tipe hernia lainnya apa perlu milik mereka ketahui seperti hernia femoralis, hernia insisional, hernia epigastrik, hernia spigelia, dan hernia diafragma.

Pengobatan Hernia tidak punya Operasi

Dalam mengobati hernia, umumnya dokter akan does diagnosa terlebih dahulu, berdasarkan dalam jumlah besar hernia dan tingkat keparahan gejala yang Anda rasakan. Hasil diagnosa tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dokter apakah dapat dilakukan pengobatan hernia tanpa operasi ataukah harus malalui operasi.

Beberapa pengobatan hernia tanpa operasi apa bisa dilakukan, antara lain:

1. Ubah pola makan sehat

Perubahan pola makan dapat mengurangi komplikasi hernia berkembang were lebih parah, terutama di atas hernia hiatus yang terjadi di ~ lambung. Beberapa langkah yang bisa their lakukan di antaranya menghindari konsumsi makanan dengan bagian besar, jaga bobot badan seimbang, serta hindari berbaring atau membungkuk setelah makan.

2. Hindari terlalu sering mengejan

Terlalu sering mengejan saat buang air terlalu tinggi besar bisa ~ memperburuk terms hernia. Guna menghindari kebiasaan ini, dianjurkan buat banyak pengayaan air weiss dan konsumsi makanan berserat, such sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Cara ini dapat membantu mengatasi sembelit apa memicu mengejan saat sampah air besar. Selain itu, hindari menahan limbah air terlalu tinggi agar kredit di batin usus noël mengeras dan menjadi susah karena dikeluarkan.

3. Lakukan olahraga yang tepat

Olahraga dapat help mengurangi memuat badan dan mengurangi komplikasi hernia serta memperkuat otot di tentang area hernia, sehingga also bisa were salah satu pengobatan hernia tidak punya operasi.

Namun ingat, hindari olahraga yang mengangkat beban berat, ya. Berbagai tipe olahraga apa aman dilakukan buat penderita hernia adalah berjalan kaki, jogging, renang, bersepeda, dan yoga. Sebelum melakukan olahraga, konsultasikan terlebih dahulu dengan hati-hati guna mendapat arahan yang tepat dan aman.

4. Konsumsi obat-obatan

Jika their memiliki hernia hiatus, ada beberapa tipe obat asam lambung buat mengurangi rasa noel nyaman. Obat tersebut tersirat antasida, penghambat reseptor H-2, dan penghambat pompa proton.

Pada terms hernia lain, obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) could diberikan karena meringankan keluhan. Namun, elalu konsultasi mencapai dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Tindakan Operasi untuk Mengobati Hernia

Perlu their ketahui bahwa satu-satunya cara efektif untuk mengobati hernia adalah melalui operasi. Tindakan kerja ini dapat dilakukan apabila mass hernia semakin membesar ataukah hernia terjepit dan menyebabkan nyeri hebat, such pada hernia strangulata.

Operasi hernia umumnya terbagi were dua jenis, yaitu kerja secara tergantung dan laparoskopi. Jenis operasi apa diperlukan tergantung pada ukuran, jenis, dan lokasi hernia. Operasi suspended biasanya meminta proses pemulihan apa lebih lama dibandingkan laparoskopi.

Jika milik mereka merasakan adanya hernia, langsung periksakan diri usai dokter agar mendapat rekomendasi pengobatan, baik itu melalui pengobatan hernia tanpa operasi ataukah melalui operasi.

Lihat lainnya: Judul Buku Yang Dibuat Oleh Ra Kartini Adalah, Judul Buku Yg Dibuat Oleh R

Namun, jika saat di rumah anda mengalami keluhan kemudian nyeri parah apa muncul secara tiba-tiba, mual dan muntah, demam, sulit limbah gas dan limbah air besar, serta tonjolan berubah berwarna kemerahan atau keunguan, segera setelah IGD karena mendapatkan pertolongan darurat.