Panduan Cara bersentuhan Kelas BPJS Kesehatan

Sejak 1 Januari 2020 kemarin, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) angka 75 lima 2019 telah ditetapkan adanya kenaikan iuran BPJS diberkatilah anda bagi peserta mandiri atau Pekerja ~ no Penerima Upah (PBPU) dan ndak Pekerja (BP). Rincian kenaikan iuran adalah seperti berikut:

Kelas 1 = Rp160.000 per setiap orang per bulan naik 2 kali lipat dari semula Rp. 80.000Kelas 2 = Rp110 seribu per orang per moon naik 2 kali lipat dari semula Rp. 51.000Kelas 3 = Rp42 seribu per orang per bulan naik dari semula Rp. 51.000

Jika kamu dirasakan terbebani mencapai kenikan iuran BPJS, kamu bisa ~ pindah kelas pantas dengan kemampuan finansialmu. Berikut adalah syarat ketentuan dan cara untuk melakukan pindah kelas BPJS.

Anda sedang menonton: Cara pindah kelas bpjs online

Syarat pindah kelas BPJS Kesehatan

Penurunan kelas BPJS kesehatan hanya bisa dilakukan oleh peserta mandiri ataukah pekerja bukan penerima upah (PBPU), such mereka yang bekerja sebagai pedagang, pemberi jasa, petani, nelayan, ojek dan pekerja lainnya. Untuk Pekerja Penerima Upah (PPU), kelas menjadi disesuaikan malalui pihak BPJS sendiriKamu dibolehkan buat turun kelas jika sudah mengikuti kepersertaan paling tidak 1 lima atau 1 lima setelah tangani itu kamu bersentuhan kelas sebelumnyaSeluruh angora keluarga yang terdaftar di kartu keluarga wajib ikut turun kelas jika kamu ingin dibawah kelasSudah melunasi iuran pada bulan pelaporan terakhir

*


Daftar dokumen yang wajib kamu persiapkan untuk pindah kelas BPJS Kesehatan

Kartu gejala Penduduk (KTP)Kartu BPJS KesehatanKartu familial (KK)Form perubahan data apa bisa kamu peroleh di sup BPJS terdekat

Dokumen ini harus kamu persiapkan lalu menghadiahkan kepada petugas BPJS kesehatan

Tempat dan cara buat pindah kelas BPJS Kesehatan

Ada bebrapa cara yang bisa kamu lakukan karena pindah kelas BPJS

1. Digunakan aplikasi mobile JKN untuk pindah kelas BPJS, caranya mudah:

Download aplikasi mobile JKNKlik bagian menu ubah data pesertaMasukan perubahan data yang diinginkanHubungi treatment Center BPJS KesehatanGunakan aplikasi mobile JKN untuk pindah kelas BPJS

2. Mendatangi bureau BPJS. Kamu bisa langsung mendatangi bureau cabang BPJS terdekat untuk melakukan perpindahan kelas BPJS. Caranya:

Daftarkan dirimu untuk mendapatkan nomor antrian.Jika namamu dipanggil petugas, kamu dapat langsung demisioner kepada petugas pengajuan dipindah kelas apa kamu inginkanPetugas BPJS akan membantu proses perpindahan kelas dan kamu ini adalah mendapatkan kartu BPJS yang baru sesuai dengan kelas apa kamu pilih.

3. Kunjungi Mal Pelayanan Publik.

Daftar antrianIsi membentuk Daftar Isian Peserta (FDIP)Dapatkan pelayanan dari petugas

4. Mobile Customer service (MCS)

Kunjungi cell phone Customer business (MCS) pada days dan jam yang telah ditentukanDaftar antrianIsi forms Daftar Isian Peserta (FDIP)Dapatkan pelayanan dari petugas

5. Hubungi langsung Care center BPJS kesehatan di 1500 400.

Kamu bisa mengajukan permintaan pindah kelas nanti customer care pada operator tersebut dan sampaikan perubahan data yang kamu minta.

Program praktis (Perubahan Kelas noël Sulit)

BPJS kesehatan mengadakan programme PRAKTIS, yang help peserta mandiri untuk mendapat kemudahan dibawah kelas perawatan. Programme ini berlaku hingga 30 April 2020. Apa saja kemudahan down kelas rawat bagi peserta mandiri BPJS Kesehatan yang mengikuti program PRAKTIS?

1. Down kelas kurang dari 1 tahun

Maksudnya peserta yang ingin turun kelas tidak harus mengikuti aturan awal, yakni pencacahan di kelas apa lama selama 1 tahun. Apa penting sudah terdaftar dahulu 1 Januari 2020. Enim tidak harus menunggu 1 tahun untuk turun kelas.

2. Bisa langsung turun kelas dua tingkat

Dalam kurun waktu 9 Desember 2019 – 30 April 2020 atau program sibuk berjalan, peserta boleh down dua taraf kelas rawat sekaligus.

3. Nunggak iuran tetap bisa down kelas

Untuk peserta mandiri apa punya tunggakan iuran firmicutes bisa down kelas. Tapi status kepesertaannya masih noël aktif sampai tunggakan iuran dibayar.

4. Baru berpesta dan belum gaji iuran mungkin langsung turun kelas

Buat peserta live independence dan anggota keluarga yang baru register BPJS health dan belum pernah bayar iuran pertama kali, serta sedang di dalam masa verifikasi data 14 hari, dapat mengajukan turun kelas. Namun masa verifikasi data ditambah 14 aku lagi sejak permohonan dibawah kelas rawat.

Jika milik mereka ingin turun kelas rawat BPJS kesehatan di masa program PRAKTIS, ada pemfitnahan ketentuan apa harus dipenuhi:

1. Dibawah kelas rawat kurang dari 1 lima hanya dapat dilakukan 1 kali selama periode PRAKTIS hingga 30 April 2020

2. Down kelas rawat berlaku untuk seluruh anggotaenam keluarga di dalam 1 Kartu keluarga (KK) mencapai katogori kelas rawat apa sama. Misalnya dari mereka mengajukan permohonan turun dari kelas 1 usai kelas 3, kalau di KK milik mereka masih menjadi satu menjangkau bapak, ibu, dan kakak atau adik, berarti anggota familic tersebut juga didaftarkan down kelas 3.

3. Program praktis dapat diikuti peserta mandiri yang sudah daftar dan membayar iuran pertama sebelum 1 Januari 2020.

4. Peserta mandiri apa mau dibawah kelas pada bulan berjalan, maka pemberlakuan kelas rawat apa baru adalah 1 moon berikutnya.

5. Bila sudah down kelas, dan mau mengajukan perubahan kelas lagi, misalnya naik kelas, baru mungkin dilakukan ke peserta 1 lima berada di kelas perawatan apa sama.

6. Jika peserta live independence mengajukan down kelas setelah lewat 30 April 2020 atau program praktis berakhir, maka berlaku policy awal.

Bagaimana kalau peserta live independence kelas 3 yang gak bisa ~ membayar kenaikan iuran were Rp43 ribu per bulan?

Tenang, milik mereka bisa berpeluang berubah statusnya kepesertaan dulu Penerima Bantuan Iuran (PBI).PBI sejatinya diperuntukkan bagi fakir miskin dan masyarakat noël mampu untuk iurannya ditanggung pemerintah sentral dan quenn melalui APBN dan APBD.

Dikutip dari kompas.com, peserta live independence bisa saja beralih menjadi peserta PBI dengan mengikuti prosedur dibawah ini:

1. Peserta lapor data diri dan anggota keluarganya setelah Dinas Sosial (Dinsos) dengan bawa KTP dan KK, serta Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau BPJS Kesehatan.

2. Dinsos melakukan verifikasi dan keahlian data karena memastikan bahwa peserta telah memenuhi kriteria fakir miskin atau golongan noel mampu.

Lihat lainnya: Chord Kunci Gitar Dan Lirik Lagu Ungu Cinta Dalam Hati Dan Kunci Gitar

3. Bila memang peserta memenuhi kriteria tersebut, maka Dinsos akan mendaftarkan peserta masuk di dalam data terpadu kesejahteraan sosial. Then bisa ditetapkan kemudian peserta PBI oleh sekretaris kesehatan Sosial.

Gimana menyudahi kan cara bergerak kelas BPJS kesehatan dan ada kerumunan alternatif ruang angkasa layanan yang bisa kamu pilih. Jangan dilupakan siapkan semua dokumen bersentuhan kelas dan lunasi iuran BPJS kesehatan kamu yah!

Kalau kamu sedang diperlukan dana darurat buat keperluan kesehatan, kamu mungkin mendapatkan dana cepat di reactora.net. reactora.net adalah platform lend online dari Astra apa aman dan terpercaya. Kamu bisa mendapatkan meminjamkan tunai mulai dari 1 – 5 million jika kamu pengguna baru dan 1-8 juta jika kamu pengguna aktif. Yuk kirim pinjamanmu sekarang klik tombol di bawah!