Petugas pose kosmetik saat melakukan razia di pertokoan market Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia BPOM bersama petugas Dinkes menyertainya guna preventif peredaran produk kosmetik yang noël dilengkapi surat benar dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
reactora.net.com, Jakarta Kini kerumunan sekali penjual produk kecantikan apa menjajakan barangnya di pasaran. Dengan demikian, produk kecantikan yang ada also semakin beragam. Ada yang dium buatan Indonesia ada pula apa import dari luar negeri.

Anda sedang menonton: Cek keaslian barang dengan barcode


Dengan banyaknya produk apa ada di pasaran tersebut, tentu membuat para konsumen sedikit lengah terhadap asal usul dari produk apa dibelinya. Terlebih lagi jika does pembelian secara online. Celah ini also kerap dimanfaatkan melalui para oknum noël bertanggung jawab karena mendistribusikan produk kecantikan, kecantikan yang noël original atau barang tiruan.

Kadang kala, banyak konsumen yang tertipu mencapai kemasan, harga murah, dan embel-embel diskon sehingga dimasukkan perangkap dan membeli goods palsu. Padahal, barang tersebut bisa jadi mengandung zat harm dan noël sesuai mencapai standar keamanan. 

Barang-barang peniru tersebut bisa jadi malah membawa dampak yang buruk bagi kulit karena pembuatannya noel diawasi malalui brand ataukah merek yang bersangkutan. Maka dari itu, lebih baik dari mereka ekstra hati-hati ketika membeli produk kecantikan.


*

Salah satu cara termudah karena mengecek keaslian produk kecantikan yang anda beli adalah dengan tetua izin edarnya di website Badan pengawas Obat dan memberi makan Republik Indonesia (BPOM RI). Segala produk apa sudah lulus uji BPOM tentu saja sudah dijamin keamanannya atau layak edar.

Kadang kala, kerumunan kosmetik ataupun produk perawatan wajah yang mengatasnamakan brand ataukah merek produk ternama supaya terjual. Padahal merek tersebut kesamaan sekali noël mengeluarkan produk tersebut. Maka, jika ragu their bisa kutu keasliannya di BPOM.

1. Kunjungi website BPOM RI di https://cekbpom.pom.go.id/

Setelah masuk nanti website BPOM, dari mereka bisa memasukkan nomor daftar produk, namu produk, merek, jumlah & kemasan, bentuk sediaan, komposisi, nama pendaftar, ataupun NPWP diatas toolbar pencarian.

2. Tulis Merek Kosmetik

Pada toolbar pencarian milik mereka bisa cari ‘Merk’ dan tuliskan merek kosmetik yang anda beli. Misalkan, milik mereka ingin memeriksa apakah merek Wardah aman atau tidak, maka anda bisa mengetikkan ‘Wardah’.

Hal ini tambahan bisa anda lakukan ketika saya baik-baik saja ragu apakah wardah mengeluarkan produk tertentu atau tidak, karena jika produk official pasti menjadi terdaftar disini. Misalnya, anda menemui lipstick dengan harga senjata dan diberi label ‘Wardah’ namun anda belum pernah mendengarkan bahwa merek tersebut mengeluarkan produk lipstick. Maka, sebelum membeli, anda bisa does cara ini supaya lebih yakin.


*

Opsi selain mengecek keaslian produk di website BPOM RI adalah oleh cek numeral barcode di UPCitemDB. Cara ini bisa dari mereka terapkan ketika anda membeli produk impor apa biasanya belum terdaftar di BPOM.

Lihat lainnya: Cara Membuka Pola Hp Mito - Reset Pabrik Mito A260 Lupa Pola Atau Password

UPC atau Universal Product password merupakan warisan kode untuk sebuah produk overhead dasar insula produk tersebut. Di UPCitemDB telah enumerasi lebih dari 200 juta kode. Anda just perlu pintu masuk kode barcode produk ke website kemudian akan muncul informasi kyung asal negara, tanggal scan barcode, hingga shade warna produk tersebut.