Menyajikan insula terkini, terbaru dan terupdate mulailah dari politik, bisnis, selebriti, way of living dan masih kawanan lagi.

Anda sedang menonton: Contoh pasal 29 ayat 2


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Pasal 29 ayat 2 UUD 1945 adalah deviasi satu dari sekian crowd pasal apa membahas circa kebebasan beragama. Ini menjadi hukum mendasar konstitusi bahwa setiap burger negara berhak menjalankan agama benar dengan keyakinannya.
Wacana kebebasan beragama asibe sudah ada dan berkembang sejak kemerdekaan Indonesia pada lima 1945. Wacana ini terus diperdebatkan dan dibahas dalam perumusan pasal 29 ayat 2 UUD 1945.
Apa asibe isi pasal 29 ayat 2 UUD 1945? Dan di mana implementasinya di dalam kehidupan bernegara di Indonesia?
“Negara menjamin kanchi tiap-tiap penduduk buat memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”
Mengutip dari jurnal bertajuk Konsep liberty Beragama Menurut UUD 1945 Serta hubungan dengan HAM karya Febri Handayani, SHI. MH., pasal ini demisioner bahwa setiap roti isi daging negara berhak memeluk keagamaan apapun yang mereka yakini. Negara dan otoritasnya berkewajiban untuk menjamin pelaksanaan kegiatan agama tersebut.
Indonesia individu adalah negara apa berpenduduk majemuk dari segi suku, bangsa, budaya, dan agama. Warga Indonesia terdiri dari ratusan suku bangsa yang tersebar di berbagai wilayah.
Masyarakat Indonesia menganut keagamaan dan kepercayaan yang berbeda-beda. Populasi terbesar adalah penduduk apa menganut agama Islam, lalu ada Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

Lihat lainnya: Kabar Terbaru Gong Hyo Jin Terbaru Hari Ini, Gong Hyo Jin: Berita Terbaru Hari Ini


Karena itu, hak beragama hendaknya diiringi dengan kewajiban untuk bersikap bijaksana di kalangan umat beragama buat menjaga setara antara kepentingan doan dan kepentingan nasional. Jika menemani itu dilakukan, maka ketentraman dan kedamaian bernegara menjadi tecipta.