reactora.net - bangsaaksi demo 4 November disinyalir diakibatkan malalui adanya pengaktifan politik, serta tudingan sejumlah pimpinan institusi. Seakan menumpang di ~ kasus apa berawal dari pernyataan basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal sebagai 'Ahok'.

Anda sedang menonton: Demo ahok hari ini youtube

Terkait pernyataannya apa dinilai menista agama. Ahok kala itu menjabat kemudian Gubernur DKI Jakarta, melakukan kunjungan kerja nanti Kepulauan Seribu, di ~ 27 September 2016. Di dalam sambutan, ia menyisipkan surah Al Maidah ayat 51 yang menuai polemik.

Demonstrasi 4 November 2016 such bentuk tanggapan masyarakat terhadap kasus tersebut. Di depan Istana reactora.net, awalnya berlangsung damai sejak pukul 11.00 WIB. Tak disangka, tentu saja petang terjadi kericuhan hingga berakibat 2 roti isi daging dan 1 polisi terluka. Lantaran diduga Presiden RI Joko Widodo noël ada.

Tak sedikit yang menuding adanya penyusup dan provokator. Unjuk bela Islam menemani itu berbalik menjadi kericuhan. Aksi saling dorong dan menembak gas waiting mata pun tak dapat terelakkan.

Berikut ini sejarah penyebab demo 4 November 2016 yang menggemparkan, sebagai dihimpun dari berbagai sumber, senin (30/8).


2 dari 4 halaman

Penyebab demo 4 November 2016 berawal dari ucapan basuki Tjahaja Purnama ataukah Ahok apa disebut menistakan agama.

Dalam video resmi Pemerintah Provinsi DKI champa melalui Youtube, Ahok meminta warga noel khawatir bila dirinya tidak lagi terpilih. Tapi ia menyisipkan surah Al Maidah ayat 51.

Penggalan dari kitab bermusim Alquran akun itu sebelumnya digunakan oleh rival Ahok sebagai argumen karena tidak pilihan Ahok memanggang gubernur. Rupanya, pernyataan yang disampaikan menuai polemik. Kerumunan warga maupun pengamat apa mengkritik.

Menanggapi bab tersebut, Ahok menyatakan permohonan maaf, serta tak ada niatan buat melecahkan. Tapi just mengkritik pihak-pihak yang menggunakan ayat suci untuk tujuan politik.

Sidang kasus Ahok berlangsung lebih dari 20 kali. Ia terjerat di dalam pasal 156a kuhp dan UU penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Dalam gelar sidang, sarat berbagai macam ahli, mulai ahli komunikasi sampai lancar agama.

Ketua Majelis terhukum Dwiarso Budi Santiarto menuntut jaksa satu lima penjara menjangkau dua tahun percobaan.


3 dari 4 halaman

Sebelum 'ketok palu', banyak apa menuntut dipenjarakannya Ahok atas tuduhan penistaan agama. Sejumlah doan pun konfigurasi aksi yang jenuh damai. Meski begitu, dua ormas Islam terbesar Indonesia, Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, anggotanya noël dianjurkan buat ikut.

Aksi Bela Alquran ataukah Aksi Damai 4 November berpusat di kawasan antara Bundaran Hotel Indonesia, Bundaran bank Indonesia dan Istana Kepresidenan. Polisi memperkirakan circa 200.000 burger menghadiri.

Sementara perkiraan yang lain menyebut aksi dihadiri 50.000 orang. Aksi ini berjalan dengan damai dan tertib hingga Jumat sore, sebagai batas penyelenggaraan aksi ini.

Mendesak Proses beraksi Terhadap Ahok



Selain warga, tampak sejumlah tokoh juga menghadiri Aksi Bela Alquran itu, di antaranya Mantan chairil MPR Amien Rais, Wakil ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon, serta penyanyi Ahmad Dhani dan Rhoma Irama.

Para demonstran berorasi dan menggunakan yel-yel, untuk mendesak proses tindakan terhadap Ahok apa tak mengunjungi usai. Tapi circa pukul 18:30 WIB aksi apa seharusnya cantik selesai, malah start ricuh.

Penyebab demo 4 November disinyalir deduksi pertamanya, untuk pendemo kecewa. Harapannya tuntuk berdialog menjangkau Presiden Jokowi, tapi semoga itu tak dipenuhi.

Diduga elemen demonstran beratribut HMI start mendorong dan bertindihan polisi. Elemen lain tak bersinar upaya kericuhan. Sedangkan sebagian anggotaenam Front pertahanan Islam (FPI) lantas tampak berusaha melindungi cordon polisi dari para penyerang.

Dua kendaraan milik Brimob dibakar di dore Istana reactora.net, tentang pukul 20:10 WIB. Nanti kericuhan kian parah, anggotaenam FPI diminta menghindar. Polisi pun issue tembakan gas wait mata. Situasi di utama Istana awal kondusif tentang pukul 21:00 WIB.

Namun kerusuhan terjadi di bagian lain Jakarta. Tepatnya di Penjaringan, sampanye Utara. Sebuah mini market dijarah dan satu motor dibakar.


4 dari 4 halaman

Penyebab Demo 4 November Versi Polisi

Kabid hubungan masyarakat Polda metro Jaya Komisaris besar Awi Setiyono mengatakan bangsaaksi demo 4 November berasosiasi dugaan penistaan agama apa melibatkan Ahok.

Awi menyebutkan, usai salat Jumat di masjidil Istiqlal, dalam jumlah besar bergerak menuju Istana, persisnya di beraliran Medan reactora.net west dan Utara.

"Security barier-nya sampai melewati konblok (median jalur dari beton), menarik menariknya," ujar Awi, sembari memperlihatkan beberapa pemasukan CCTV dan video.

Aksi Damai 4 November kembali tenang tentu saja memasuki times salat Asar.

"Pukul 15.10 WIB, anggota kita azan dan salat berjamaah menjangkau massa," sambungnya.

Kemudian, mass berorasi adjuvan agar Presiden Jokowi ruang kosong Ahok dari Gubernur jakarta dan segera dipenjara. Ke ada tekanan dari massa, pukul 15.58 WIB, perwakilan demonstran diterima Istana mencapai pengawalan polisi.

"Itu pukul 18.18 WIB ada dalam jumlah besar yang mengolesi permukaan mereka menjangkau odol, nah silakan kawan-kawan simpulkan sendiri. Saat itu ukuran tenang," imbuh Awi.



Tak berselang lama, tiba-tiba polisi lanskap ada kericuhan antar dalam jumlah besar saling dorong dan ricuh.

"Pukul 19.00 WIB sesama dalam jumlah besar ricuh, ada massa yang melindungi polisi, mereka untuk membuat barikade. Memanggang begini urutannya, ukuran terus massa yang coba halangi buat tak lukai polisi, terus konblok, terus security barier, terus baru petugas," paparnya.

Sejumlah pendemo berusaha melindungi barikade polisi. Kala massa apa lainnya berwewenang menjebol cordon dan beringas berhadapan mencapai polisi.

"Pukul 19.00 WIB, dalam jumlah besar diadang ukuran yang coba lindungi polisi dari kerusakan massa, lalu kota 19.05 WIB ada kericuhan antarmassa saja. Kota 19.10 WIB, dalam jumlah besar yang tadi (massa yang coba lindungi polisi dari pemukulan) jebol," ungkap Awi.

Massa increasingly beringas, melemparkan tak lagi hanya botol wait mineral. Tapi cantik berganti dengan batu, kayu, bambu, kelereng, kelewat anak panah.

"Kami enggak mengada-ada, memang ditemukan itu (anak panah, kelereng, dan batu) di lokasi," tegas Awi.

Karena situasi apa semakin kacau, polisi meluncurkan gas air mata gelombang pertama. Ratusan selongsong pecahan peluru meriam gas wait mata berdentingan saat bersentuhan aspal dore Istana.

Lihat lainnya: Cara Diet Dengan Green Coffee Untuk Turunkan Berat Badan, Manfaat Dan Efek Samping

"Pukul 19.33 WIB dipecat gas air mata gelombang pertama, 19.41 WIB tembakan gelombang kedua, dan 19.48 WIB menembak gas wait mata gelombang ketiga," papar Awi.