Berbeda mencapai sholat zhuhur yang dilaksanakan 4 rakaat, sholat jumat dilaksanakan di dalam 2 rakat. 2 rakaat lainnya diganti menjangkau khutbah apa mana menyindirnya terdapat doa khutbah jumat.

Khutbah jumat dimulai selagi khotib telah naik mimbar. Batin proses khotib become naik mimbar ada dua perbedaan yang diterapkan. Tergantung jumlah adzan yang dikumandangkan di dalam sholat jumat tersebut.

Bila adzan dikumandangkan dua kali maka khotib akan naik mimbar ke adzan pertama dikumandangkan. Kemudian bila adzan menangani satu kali maka khotib menjadi naik mimbar silam adzan dikumandangkan.

Seorang khotib ketika menyampaikan khutbah maka ia harus memenuhi 5 hal ataukah 5 rukun khutbah berikut ini:

A. Penasaran hamdalah (alhamdulillah),B. Membaca sholawat Nabi Muhammad saw (Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad),C. Berkomunikasi wasiat buat takwa (umumnya dibacakan QS. Ali Imran ayat 102),D. Baca secara terpisah ayat Al-Qur’an,E. Melafalkan doa buat kaum mu’minin.

Khutbah jumat terbagi ke dalam dua sesi, sesi pertama adalah nasihat beserta rukun-rukun khutbah jumat (kecuali doa). Kemudian khotib duduk sejenak melafalkan doa dan standing menyampaikan khutbah kedua yang diakhiri menjangkau doa.


*

Ketika menyampaikan nasihat/khutbah, khotib disunnahkan untuk memperpendek nasihat dan melebar sholat. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan dari ‘Ammar bin Yasir Radhiyallahu anhu, beliau berkata, aku pernah mendengarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


إِنَّ طُولَ صَلاَةِ الرَّجُلِ وَقِصَرَ خُطْبَتِهِ مَئِنَّةٌ مِنْ فِقْهِهِ.

Anda sedang menonton: Doa penutup khutbah jumat sesuai sunnah

“Sesungguhnya merindukan shalat dan pendek khutbah merupakan ciri dari kefaqihan seseorang.”

Diriwayatkan melalui Imam Muslim, makna dari kata kefaqihan yang dimaksud adalah bahwa akun itu merupakan ciri orang apa paham agama.

Baca Juga: hukum Tajwid dalam Membaca Al-Qur’an secara signifikan Diketahui

*
sumber: unsplashDoa Khutbah Jumat

Doa ini dibacakan ketika khotib naik kembali ke mimbar dari duduknya (khutbah kedua) tepatnya di ~ akhir ataukah penutup khutbah.

Ini diperuntukkan buat kaum muslim dan mukminin dan dapat disesuaikan berdasarkan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Misal, ketika terdapat saudara semuslim apa sedang batin masa perang atau terkena maka doa bisa ditujukan kepada mereka apa terkena imbas atas musibah ataukah perang tersebut.

Contoh apa terjadi saat ini adalah wabah covid-19 yang melanda. Maka doa dalam khutbah jum’at dapat berisi permohonan agar Allah sembuhkan penyakit orang apa terjangkit covid-19 dan secepatnya angkat wabah ini dari muka bumi.

Berikut adalah teks doa apa umum dibacakan melalui para khatib.

Pertama:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ

Artinya:

Ya Allah, ampunilah kaum mukminin laki-laki dan wanita, kaum muslim laki-laki dan wanita, baik apa masih lives maupun yang sudah meninggal. Sesungguhnya, Engkau adalah Dzat yang Maha Mendengar, Mahadekat, Dzat yang mengabulkan doa.”

Kedua:

بَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْإِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artinya:

Ya Rabb kami, berilah ampunan kepada kalian dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih silam sebelum kami, dan bukan Engkau membiarkan ada kedengkian dalam trần kami terhadap orang-orang yang beriman.

Ya Rabb kami, sebenarnya Engkau Maha Penyantun lainnya Maha Penyayang.”

Doa ini diambil dari QS. Al-Hasyr ayat 10.

Baca Juga: Doa melihat Kabah

Ketiga:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا

Artinya:

Wahai Rabb kami, anugerahkanlah kepada kita istri-istri kita dan keturunan kami seperti penyenang trần (kami), dan jadikanlah kita imam bagi orang-orang apa bertakwa.”

Keempat:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:

Wahai Rabb kami, berilah kita kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kalian dari siksa neraka.”

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Lengkap

*
sumber: unsplashPenutup

Tidak ada rumus apa rigid atas doa diatas sholat Jum’at. Bisa ~ divariasikan dan disesuaikan mencapai situasi dan kondisi. Tetapi firmicutes diusahakan sesuai sunnah dan menangkap doa dari ayat suci Al-Qur’an.

Demikian penjelasan terkait mencapai doa khutbah jumat. Semoga artikel ini menambah wawasan keislamanmu.

Lihat lainnya: Pasang Behel Murah Di Bandung, Pasang Behel Murah Pangalengan

Silahkan sebarkan bila bermanfaat.

Jika kamu berminat dengan konten keislaman such ini, kamu bisa tambahan melihat tulisan berbeda di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu mungkin mengunjungi Channel Youtube reactora.net.