reactora.net.com, Jakarta Teks eksplanasi merupakan teks apa berisi tentang sebuah proses di mana suatu peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan go sebagainya mungkin terjadi. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah menjangkau penjelasannya apa deskriptif dan lugas terhadap sesuatu.

Anda sedang menonton: Jelaskan ciri ciri teks eksplanasi

Setiap hal apa ada di kyung kita always memiliki sebab acibe dan proses. Untuk menjelaskan terkait halaman tersebut, maka disinilah peran ciri-ciri teks eksplanasi digunakan. Supaya bisa mengetahui sekitar sebuah proses tidak punya harus mengalaminya terlebih dahulu.


Baca Juga


Dalam ciri-ciri teks eksplanasi, informasi yang ada berisi tentang kebenaran dan berdasarkan pengalaman empiris maupun penjelasan secara ilmiah. Sehingga dapat dipercaya untuk memahami sebuah proses ataupun sebab sebenarnya peristiwa alam.

Dalam untuk membuat teks eksplanasi, anda harus memperhatikan struktur, kaidah, dan ciri-ciri teks eksplanasi sehingga bisa lakukan dengan baik dan benar. Maka dari itu, their bisa menyimak ulasan berikut ini buat mendapatkan penjelasan lengkap terakit mencapai teks eksplanasi.


2 dari 6 halaman

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli


*

Perbesar
Ilustrasi menulis. (dok. Pixabay.com/Asnida Riani)
Sebelum mengulas tentang ciri-ciri teks eksplanasi, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu mengenai pengertian teks tersebut. Berikut ini merupakan pengertian teks eksplanasi menurut para ahli:

Restuti ( 2013:85 )

Menurut Sedangkan Restuti, pengertian Teks Eksplanasi merupakan sebuah teks apa menerangkan ataukah menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

Mahsun ( 2013: 189 )

Menurut Mahsun, Teks Eksplanasi adalah disusun mencapai struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup.

The modern-day English-Indonesian Dictionary: 651

Menurut The modern English-Indonesian Dictionary, pengertian Explanation Teks adalah sebuah teks apa berisi sekitar proses-proses apa berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.


3 dari 6 halaman

Ciri-ciri Teks Eksplanasi


*

Perbesar
Ilustrasi untuk menulis Syair Credit: unsplash.com/Charice
Setelah memahami tentang pengertian atau definisi dari teks eksplanasi, agar sanggup memudahkan anda batin membuat teks tersebut, berikut ini merupakan penjelasan circa ciri-ciri teks eksplanasi:

1. Secara umum teks eksplanasi terdiri dari tiga unsur apa meliputi pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi. 

2. Informasi apa tercantum dalam teks eksplanasi berisikan fakta. Di dalam membuat teks eksplanasi harus berdasarkan penjelasan secara ilmiah yang bersifat empiris sehingga dapat dipercaya.

3. Informasi apa ada di dalam teks eksplanasi tidak boleh bersifat subjektif, melainkan harus bersifat objektif sehingga bersifat netral.

4. Teks eksplanasi membahas circa proses terjadinya sebuah peristiwa.

5. Teks eksplanasi merupakan jenis teks apa berbentuk penjelasan dan memiliki sifat informatif.


4 dari 6 halaman

Struktur Teks Eksplanasi


*

Perbesar
Ilustrasi Penulis (sumber: unsplash)
1. Pernyataan Umum

Di potongan pernyataan umum, akan membahas secara kilade mengenai fenomena apa akan dibahas. Bisa ~ berupa ketetapannya mengenai fenomena tersebut dan penjelasannya secara singkat. Batin penjelasan umum ini sanggup merupakan teks yang menggambarkan tentang apa, mengapa, dan bagaimana sebuah fenomena tersebut bisa terjadi.

2. Deretan Penjelas

Dalam deretan penjelas menjadi disebutkan mengenai alasan atau menjawab pertanyaan mengapa sebuah fenomena tersebut sanggup tercipta dan biasanya terdiri dari banyak paragraf. Di dalam deretan penjelas ini adalah lebih penjelasan dan merincikan mengenai bangsaaksi dari sebuah fenomena yang terjadi.

3. Menerjemahkan (Opsional)

Dalam ciri-ciri teks eksplanasi, potongan teks penutup ini bersifat opsional atau pilihan. Sehingga sifatnya noel wajib. Batin bagian penafsiran ini merupakan bagian kesimpulan atau intisari dari bagian pernyataan umum dan deretan penjelas. Di potongan ini, become mendapatkan sedikit mencampur interpretasi dari sang penulis. Potongan ini juga kerap disebut sebagai bagian kesimpulan.


*

- Fokus di atas hal umum (generic), ~ no berfokus partisipan human (nonhuman participants). Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, serta udara.

- Dimungkinkan untuk menggunakan istilah ilmiah. Lebih kawanan menggunakan verba product serta verba relasional (kata kerja aktif).

- keuntungan konjungsi waktu dan kausalitas. Contohnya: sehingga, pertama, jika, bila, sebelum, dan kemudian.

- menggunakan kalimat pasif.

- Eksplanasi ditulis karena membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan dengan secara kausal itu benar adanya.


*

Setelah dipahami definisi, struktur, kaidah, dan ciri-ciri teks eksplanasi, maka tentunya milik mereka sudah mulailah memiliki bayangan mengenai di mana cara produksi sebuah teks eksplanasi apa baik. Agar lebih memudahkan anda, maka their bisa disusul langkah-langkah berikut ini buat menyusun teks eksplanasi:

1. Menentukan topik apa menarik

Langkah pertama yakni menentukan fenomena alam, sosial, ataukah budaya yang ingin disajikan. Misalnya, tangani itu terjadinya gerhana bulan.

2. Untuk membuat rancangan kerangka teks

Kemudian, buatlah kerangka karangan berdasarkan struktur teks eksplanasi, yaitu identifikasi fenomena, perwakilan rangkaian kejadian, dan ulasan.

3. Mengumpulkan referensi

Kumpulkan otoritas untuk dipecahkan dan data-data terkait mencapai fenomena yang ingin dari mereka sajikan di ~ bagian deretan penjelas.

4. Meningkatkan teks

Setelah mendapatkan data dan referensi, kembangkan sebuah kerangka karangan were teks eksplanasi yang utuh.

Lihat lainnya: Update Frekuensi Trans Tv Dan Trans 7 Dan Trans Tv Satelit, Frekuensi Trans 7, Trans Tv Dan Antv 2022 Terbaru

5. Menyunting teks

Setelah selesai, periksa back teks eksplanasi apa anda buat. Suntinglah jika ada kesalahan batin penulisan atau kalimat yang kurang enak dibaca.