*
Didik Hadiprayitno, SST (dengan nama lahir Kwee Tjoen Lian, lalu Kwee Tjoen An) apa lebih dikenal kemudian Didik Nini Thowok (lahir di Temanggung, Jawa Tengah, 13 November 1954) adalah penari, koreografer, komedian, pemain pantomim, penyanyi, dan pengajar. Sampai dengan lima 1995, ia telah luaran 19 orang guru. Lelaki kelahiran Temanggung, Jawa tengah ini, setidaknya telah beruru kepada 23 orang. Ia mencatat duluan kali belajar menari Jawa lima 1966 saat usianya 12 tahun, dibimbing oleh Sumiasih. Di atas usia 15 tahun, ia belajar menari Bali malalui pemain Ketoprak yang tambahan tukang mencukur bernama Soegiyanto. Ke kuliah di ASTI Yogyakarta, muncul ISI, ia beruu kepada Ni Ketut Sudjani, ns Gusti Gde Raka, Rasimoen, Sawitri, Ni Ketut Reneng, Kamini, Bagong Kussudiardjo, BRAy Yodonegoro, Sangeeta, Richard Emmert, Sadamu Omura, Jetty Roels, Gojo Masanosuke, serta beberapa nama maestro lain dari berbagai negara.

Pada Maret 2003, ia tergabung batin pertunjukan apa berjudul Impersonators, The Female duty Players in asian Dance and also Theater di Tokyo, Jepang. Dalam pertunjukan yang disponsori Japan basis ini, ia bergabung menjangkau para penari cross sex dari Jepang, India, dan Cina.Nama Nini Thowok asibe berasal dari sebuah koreografi apa diciptakan Bekti Budi Hastuti lima 1975, apa tak go senior didik di ASTI Yogyakarta. Dalam tarian ini, ia berperan seperti perempuan dukun tua bernama Nini Thowok, apa setiap saat ketiban musibah sebagai konde lepas lalu dipasang lagi. Dan itu bagian dari tarian. Sejak itulah ia sadar bahwa itu lebih cocok menarikan tari-tari perempuan dengan corak komedi. Ia then menarikan karya ini dari kampus ke kampus sampai-sampai ia dikenal kemudian Didik Nini Thowok. Ia sendiri kemudian melahirkan karya-karya penuh humor kemudian tari Dwimuka (1987), tari Kuda weiss (1987), tari Dwimuka Jepindo (1999), tari Topeng Nopeng (1988), tari Topeng Walang Kekek (1980), serta ratusan karya lainnya. Karyanya apa masih patuh ia bawakan sampai menampakkan tari Dwimuka masih militer mengundang decak kagum terhadap manuver dan polah tingkah para tokoh yang dimainkannyadi panggung.

Tahun 1980 ia ditanggapi sanggar tari bernama Natya Lakshita apa artinya, tari yang berciri.Pada bulan Desember 2004, Ia pramuka Festival Cross gender di Yogyakarta. Ia mengundang para penari dari Jepang, India, dan Cina. Kegiatan itu diisi menjangkau pameran cat, dll dan barang-barang miniatur gallery pribadinya. 16 Juli 2012, ia meluncurkan buku Stage make up di Hotel Santika Premiere, beraliran KS Tubun, Jakarta. Booker tersebut were referensi circa panduan dandanan karena teater, tari dan movie di Indonesia. Rupanya ia telah were perias permukaanbutuh bagi artis tradisional di panggung wayang people hingga pementasan di Keraton Yogyakarta. Sektor industri meriasnya diawalai selagi ia awal merias penari Bedoyo Keraton.




Anda sedang menonton: Karya tari didik nini thowok

Didik Nini Thowok (http://id.wikipedia.org/wiki/Didik_Nini_Thowok)

Taman Ismail Maszuki : didik Nini Thowok (http://www.tamanismailmarzuki.com/tokoh/didik.html)


Foto
Lokasi


Lihat lainnya: Jadwal Motogp 2021 Hari Ini, Jam Berapa Gp Hari Ini, Jam Tayang Trans7

Halaman lain