Sholat subuh merupakan deviasi satu sholat tahun waktu apa wajib ditunaikan malalui umat Islam. Moms dan Dads such Muslim pun harus mengetahui keutamaan sholat subuh.

Anda sedang menonton: Manfaat sholat subuh berjamaah di masjid

Sholat apa dikerjakan sebanyak dua rakaat ini memiliki kawanan keutamaan. Apalagi, jika ditunaikan secara berjamaah.

Hal ini buat sholat subuh merupakan waktu sholat yang most sulit ditunaikan. Kerumunan umat Islam apa justru lebih memilih tidur hingga terbit fajar, padahal sholat subuh hukum wajib untuk dilaksanakan.

Baca Juga: Tata Cara dan Doa Sholat Dhuha untuk Melancarkan Rezeki, Yuk Hafalkan!

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

Lalu, maafkan saya saja keutamaan sholat subuh dalam agama Islam? Simak selengkapnya berdasarkan hadist Rasulullah SAW.

1. Mendatangkan Keberkahan

*

Foto: reactora.net photo Stock

Keutamaan sholat subuh apa pertama adalah dapat mendatangkan keberkahan. Pasalnya, sholat subuh merupakan penyimpangan satu aktivitas di pagi aku yang didoakan melalui Rasulullah SAW.

“Ya Allah, berkahilah umatku pada times paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

Untuk itu, sebaiknya umat Islam noël menyia-nyiakan waktu sholat subuh.

2. Pasokan Umat Islam nanti Surga

Keutamaan sholat subuh berikutnya, yakni dapat pasokan umat Islam menuju pintu surga.

Rasulullah witnessed bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia menjadi masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Baca Juga: Ini Zikir dan Bacaan Doa sesudah Sholat, Agar Ibadah increasingly Afdal!

3. Penghalang memasukkan Neraka

*

Foto: reactora.net photograph Stock

Seorang Muslim apa melaksanakan sholat subuh pun menjadi mendapatkan keutamaan sholat subuh lainnya, yaitu terhindar dari neraka.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Tidaklah akan masuk neraka orang apa melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634).

4. Pahala kemudian Sholat lebih malam Penuh

Umat Islam yang menunaikan sholat terdaftar dua rakaat atau sholat subuh secara berjamaah ini also akan mendapatkan ganjaran/pahala layaknya sholat lebih malam penuh.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah witnessed bersabda:

“Barang siapa yang melakukan sholat Isya berjamaah, maka dialah sama such manusia yang melakukan sholat setengah malam. Barang siapa yang melakukan sholat Subuh berjamaah, maka dialah sama sebagai manusia yang does sholat malam sepanjang times malam itu.”(HR. Muslim, dari utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

Baca Juga: Sholat Witir, Sunnah apa Sangat Dianjurkan Rasulullah SAW

5. Berada dalam dapat diandalkan Allah SWT

*

Foto: reactora.net photograph Stock

Keutamaan sholat subuh lainnya yang akan umat Islam untuk menang jika melaksanakannya secara berjamaah ialah berada dalam dapat diandalkan Allah SWT.

Hal ini dijelaskan batin hadist Rasulullah SAW apa berbunyi:

“Barangsiapa yang shalat subuh maka itu berada dalam dapat diandalkan Allah. Oleh buat itu jangan sampai Allah adjuvan sesuatu kepada kita dari jaminan-Nya. Untuk siapa apa Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti menjadi menemukannya, dan akan menelungkupkannya diatas wajahnya batin neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

6. Mendapatkan Cahaya Sempurna pada aku Kiamat

Tak hanya itu saja, masih kawanan keutamaan sholat subuh lainnya, di antaranya akan mendapatkan cahaya apa sempurna pada aku Kiamat. Pasalnya, umat Islam telah melewati gelapnya berjalan di times subuh ketika menuju masjid untuk sholat berjamaah.

Dalam hadis disebutkan bahwa, dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Rasulullah witnessed bersabda:

“Sampaikanlah news gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat mengaburkan menuju masjid, menjangkau cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Baca Juga: Ini Tata Cara Sholat Jumat Hingga Doa apa Dianjurkan, Yuk Simak!

7. Disaksikan oleh Para Malaikat

*

Foto: reactora.net photograph Stock

Barangsiapa apa menjalankan sholat subuh berjamaah, mereka bereactora.netme disaksikan melalui para malaikat.

Dalam hadits yang diriwayatkan malalui Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“­Malaikat bergantian pemandangan kalian diatas siang dan malam. Para malaikat itu pertemuan di sholat Subuh dan sholat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan meminta oleh Rabb mereka, dan dialah lebih kenal keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kapak hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami ditinggalkan mereka batin keadaan sholat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan sholat.” (HR. Bukhari-Muslim)

8. Terhindar dari Sifat Munafik

Keutamaan sholat subuh berjamaah lainbutuh adalah terhindar dari sifat munafik. Telah dijelaskan di dalam hadist bahwa:

“Tidak ada sholat yang lebih bobot (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada sholat Subuh dan Isya. Jika mereka kenal (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka menjadi melakukannya kendati mencapai merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan buat iqamat (Shalat) kemudian aku mengabadikan bara fire dan meluncurkan (rumah) orang yang belum noel keluar melaksanakan sholat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

Hadist ini also merupakan sebuah peringatan ataukah teguran bagi para Muslim agar senantiasa mengolah sholat mereka, terutama sholat subuh yang sering kali dilewatkan karena tidur.

Baca Juga: Bolehkah Sholat Tahajud dahulu Tidur? Ini Penjelasannya!

9. Berpeluang tercapai Pahala Haji atau Umroh Jika Berdzikir Hingga Terbitnya Matahari

*

Foto: reactora.net photo Stock

Jika seorang umat Muslim menjalankan ibadah sholat subuh secara berjamaah dan mereka kemudian berdzikir ke sholat hingga terbitnya matahari, maka akan mendapat ganjaran/pahala haji atau umroh.

Dari Anasibn Malik Radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda:

“Barang siapa apa sholat Subuh berjamaah then dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, jadi shalat dua rakaat, maka baginya kemudian pahala haji dan umrah, apa sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

10. Luaran Kesempatan untuk Melaksanakan Sholat Sunah Subuh

Para jamaah sholat subuh juga memiliki kesempatan untuk melaksanakan sholat sunah subuh, ibadah yang mendatangkan banyak kebaikan, bahkan lebih dari world dan seisinya.

Hal ini telah diterangkan dalam sebuah hadist:

“Dua rakaat (sholat sunah) Subuh lebih baik daripada world dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul MukmininAisyah Radhiallahu ‘anha)

Baca Juga: Tata Cara Sholat Hajat dan Keutamaannya yang Luar Biasa, Masya Allah!

11. Menang dengan pemandangan Allah SWT saat aku Kiamat Kelak

Keutamaan sholat subuh berjamaah apa lainnya adalah mendapatkan menang dengan lanskap Allah SWT ketika aku Kiamat kelak.

Tentunya chapter ini merupakan ganjaran/pahala terbesar yang dikaruniakan Allah SWT kepada hamba-Nya.

Lihat lainnya: Jadwal Dan Harga Tiket Kereta Api Argo Lawu 2021, Harga Tiket Dan Jadwal Kereta Api Argo Lawu 2021

Dari Jarir Bin Abdullah Al-Bajali Radhiallahu ‘anhu berkata, “Kami pernah duduk bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, kemudian beliau lanskapnya ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, "Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian menjadi melihat kepada Rabb kita sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian noel terhalangi melihatnya. Bila kami mampu karena tidak meninggalkan shalat dahulu terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!"” (HR. Bukhari-Muslim)

Itulah banyak keutamaan sholat subuh yang sangat luar biasa. Mari pelihara ibadah sholat terdaftar kita agar terhindar dari dosa. Harapan bermanfaat ya, Moms.