Mengenal Nama-Nama lautnya di Indonesia Berdasarkan Letaknya

Indonesia merupakan negara kepulauan, kenapa disebut dengan bangsa kepulauan? untuk sebagian geram dari luas utama Indonesia merupakan perairan. Tahukah sahabat setiap orang nama-nama pulau dan laut di negara kita? mungkin kita pernah mempelajari daftar nama laut apa ada di Indonesia sewaktu masih duduk dibangku sekolahnya dasar. Meskipun kita siap pernah mempelajarinya, tidah deviasi jika kali ini itupenggunaan membhas lainnya seputar daftar nama laut yang ada di Indonesia sesuai dengan letaknya.

Anda sedang menonton: Nama laut yang ada di indonesia


Sebelum kita mengetahui nama-nama laut, untuk kita pelajari terlebih sebelum arti akibat dari laut. Lautnya merupakan kelompok air dikepang dalam jumlah kawanan dan luas yang menggenangi peemukaan bumi, serta menghubungkan atau memisahkan benua atau pulau dengan benua dan pulau lainnya.

Tahukah sahabat ? Bahwa Indonesia dikenal such negara maritim atau bahari buat negara kita dikenal seperti negara kepulauan. Luas kanton laut di Indonesia mencapau 5,8 million km2 yang merupakan 70% dari luas seluruh wilayah Indonesia.


Karena banyaknya pulau-pulau apa tersebar, Indonesia memiliki berbagai lautnya dan selat apa memisahkan kepulauan tersebut, Dan kali ini kita akan perdebatan daftar namu laut di Indonesia lengkap dengan letaknya.

*
*


Daftar nama Laut di Indonesia

Laut arafura atau ArafuruLaut arafura atau Arafuru merupakan lautan apa terletak di ujung tenggara utama Indonesia. Yaitu berada di antara benua Australia dan pulau Papua. Sedangkan sebelah barat berbatasan dengan laut Banda (kep.Maluku) dan laut Timur. Laut Arafuru memiliki kedalam mencapai 3,6 km. (DiLaut BandaLaut Banda merupakan lautan apa terletak di pulau-pulau Maluku bagian selatan. Sedangkan di sebelah tenggara terdapat gugusan pulau dari pulau Maluku yang memisahkannya dengan laut Arafuru. Di sebelah selatan terdapat islands Nusa Tenggara Timur. Ataukah lebih jelasnya disebelah Selatan laut SeramLaut FloresLaut Flores terletak di antara pulau Sulawesi (di sebelah utara) dan kepulauan Nusa Tenggara. Ketentuan terdalam di laut Flores mencapai 5,1 km.Laut JawaLaut Jawa lokasi di antara pulau Jawa (di sebelah selatan) dan pulau Kalimantan (di sebelah utara).Di sebelah west daya terhubung dengan Samudera Indonesia (Hindia) malalui Selat Sunda dan di bagian barat laut menghubung dengan lautnya China Selatan oleh selat Karimata.Laut MalukuLaut Maluku lokasi di antara pulau kepulauan Maluku (Maluku Utara) di sebelah timurnya, pulau Sulawesi (Sulawesi utara dan Tengah) di bagian baratnya, serta pulau Taliabu dan pulau Mangoli (Maluku Utara) di sebelah selatannya. Koneksi dengan laut Serat di sebelah tenggara, laut Banda di sebelah selatan, dan lautnya Sulawesi di sebelah utara.Laut SawuLaut Sawu terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Di kedekatan terdapat pulau Sumba, pulau Sawu, pulau Rote, pulau Timor, dan pulau Flores. Kedalaman laut Sawu mencapai 3,4 km.Laut TimorLaut timur terletak middle benua Australia dan pulau Timor (Timor Leste dan NTT). Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudera hindia sedangkan di potongan timur menghubung dengan lautnya Arafuru.Laut HalmaheraLaut Halmahera lokasi di antara pulau Halmahera, Maluku utara (di sebelah barat) dan islands di ujung timur pulau Papua (di sebelah Timur). Di sebelah timur laut terhubung dengan Samudera Pasifik.Laut SeramLaut Seram terdapat di sebelah phia băc utara pulau Seram (Maluku) dan di sebelah barat pulau Papua. Di sebelah kemudian terdapat pulau Obi Maluku Utara) dan lautnya Halmahera.Laut SulawesiLaut Sulawesi terdapat di sebelah phia băc pulau Sulwesi, di sebelah timur pulau Kalimantan (Kalimantan Utara), dan kepulauan di Filipina. Di sebelah timur di pisahkan dari Samudera Pasifik oleh pulau-pulau small Sulwesi such pulau Sangihe dan Karakelong.

Lihat lainnya: Contoh Teks Pembawa Acara Singkat, Contoh Teks Mc Bahasa Inggris

Daftar nama Laut Terluas di Dunia


Cina Selatan = 2.974.615 km2karibia = 2.215.926 km2Tengah = 2.509.696 km2Bering = 2.261.070 km2Teluk Meksiko = 1.507.639 km2Okhtsk = 1.392.125 km2Jepang = 1.012.949 km2Hudson = 730.121 km2Cina Timur = 664. 594 km2Andaman = 564.879 km2

Itulah daftar nama laut yang terdapat di Indonesia, Sekian postingan seputar Daftar nama Laut di Indonesia Berdasarkan Bentuknya semoga bermanfaat bagi pembaca dan bisa ~ dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa di ~ postingan selanjutnya.


Posted in Bahasa Indonesia, kewarganegaraan, UncategorizedTagged batas laut indonesia bagian selatan, batas utama indonesia sebelah utara, lautnya arafura, laut di indonesia, lautnya indonesia, laut seram, luas laut indonesia, nama danau di indonesia, nama gunung di indonesia, namu hutan di indonesia, namu laut di indonesia dan letaknya, namu lautan, nama pantai di indonesia, nama selat di indonesia, nama sungai di indonesia, namu teluk di indonesia

Post navigation


Previous article 34 nama belakang Rumah Adat ,Pakaian,Tarian Adat dan senjata Tradisional di Provinsi Indonesia Lengkap