reactora.net reactora.net - Sholat fardhu adalah sholat wajib yang harus dikerjakan setiap umat muslim. Di mana sholat ini terdiri dari lima waktu yakni Subuh, Dzuhur, Asar, Maghrib dan Isya. Namun, umat muslim diperbolehkan mengqodho sholat, misalnya saja ketika terlewat menunaikan sholat Maghrib, maka ada tata cara mengqodho sholat Maghrib di waktu Isya.

Anda sedang menonton: Niat qadha shalat maghrib di waktu isya

Betapa pentingnya sholat fardhu bagi umat muslim, maka ada yang disebut mencapai qodho sholat fardhu. Qodho diartikan sebagai mengganti sholat fardhu apa ditinggalkan di luar waktunya. Artinya ketika dengan tidak sengaja ditinggalkan sholat fardhu, maka dapat diganti di luar waktu sholat fardhu. Ini adalah kemudahan apa diberikan Allah SWT kepada umatnya agar noël meninggalkan sholat lima waktu.

Sebab meskipun telah terlewat waktu karena sholat fardhu, umat muslim tetap pribadi kewajiban untuk menggantinya mencapai qodho sholat. Deviasi satunya selagi terlewat times melaksanakan sholat Maghrib, maka dapat mengqodhonya di waktu Isya.

Adapun buat tata cara mengqodho sholat Maghrib di waktu Isya bisa dilakukan secara berjamaah. Tata cara mengqodho sholat Maghrib di times Isya acibe sama such mengerjakan sholat yang ditinggalkan.

Berikut ini penjelasannya mengenai tata cara mengqodho sholat Maghrib di waktu Isya yang telah dirangkum reactora.net.com dari berbagai sumber.


1. Bertindak Qodho Sholat

*

(credit: freepik.com)

silam membahas mengenai tata cara mengqodho sholat Maghrib di times Isya, ada baiknya memahami terlebih sebelum mengenai tindakan qodho sholat. Sebagai penjelasan sebelumnya, mengqodho sholat berarti mengganti sholat fardhu apa telah ditinggalkan di luar waktunya.

Sebab meskipun sudah berada di luar times sholat fardhu, maka hukum tetap wajib buat dikerjakan. Sehingga Allah SWT memberikan kenyamanan bagi umatnya mandatnya sholat fardhu menjangkau qodho yakni mengganti di luar waktu sholat. Ini benar dengan hadis apa berbunyi,

"Sesungguhnya ketiduran bukan termasuk menyia-nyiakan sholat. Yang disebut menyia-nyiakan sholat adalah mereka apa menunda sholat, hingga masuk waktu sholat berikutnya. Siapa apa ketiduran hingga telat sholat maka hendaknya dialah mengerjakannya ketika bangun." (HR. Muslim)

Begitu tambahan dengan hadis lainnya apa berbunyi, Nabi Muhammad saw bersabda,

"Barangsiapa yang lupa sholat, atau terlewat buat tertidur, maka kafarahnya adalah ia kerjakan selama ia ingat." (HR. Muslim no. 684)

 


2. Dalil circa Qodho Sholat

*

(credit: freepik.com)

Ada sejumlah dalil apa menjelaskan mengenai qodho sholat fardhu apa dilaksanakan melalui Rasulullah SAW. Dalil sekitar mengqodho sholat tersebut berkaitan mencapai peristiwa bersejarah bagi umat muslim yakni saat terjadi autokrasi Khandaq di five kelima hijriyah. Adapun penjabaran mengenai dalilnya such berikut dilansir dari merdeka.com.

Dari Nafi" dari Abi Ubaidah bin Abdillah, telah berkata Abdullah, "Sesungguhnya orang-orang musyrik telah menyibukkan Rasulullah witnessed sehingga noël bisa diperkerjakan empat sholat selama perang Khandaq hingga malam hari telah sangat gelap.

"Kemudian beliau observed memerintahkan Bilal untuk melantunkan adzan diteruskan iqamah. Maka Rasulullah SAW diperkerjakan sholat Dzuhur."

"Kemudian iqamah lainnya dan beliau bekerja pada sholat Ashar. Kemudian iqamah another dan beliau bekerja sholat Maghrib. Dan kemudian iqamah lagi dan beliau bekerja pada sholat Isya." (HR. At-Tirmizy dan annasa"i)

Begitu tambahan dengan dalil lainnya yang menjelaskan bahwa Rasulullah witnessed mengqodho sholat Subuh selama terjadi masa perang Khaibar lima ketujuh hijriyah. Berikut ini suara dalil hadisnya apa dilansir dari merdeka.com.

Dari Abdullah bin Abi Qatadah dari ayahnya berkata, "Kami pernah berjalan bersama Nabi SAW di atas suatu malam. Sebagian kaum lalu berkata,

"Wahai Rasulullah, sekiranya anda mau istirahat sebentar bersama kami?" Beliau menjawab: "Aku khawatir kalian tertidur sehingga terlewatkan sholat." Bilal berkata, "Aku become membangunkan kalian."

Namun selama Nabi SAW terbangun ternyata matahari sudah meninggi. Hal ini sesuai dengan hadis seperti berikut,

"Wahai Bilal, mana bukti apa kau ucapkan!" Bilal menjawab: "Aku belum pernah sekalipun merasakan kantuk seperti ini sebelumnya." Beliau lalu bersabda:

"Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla reguler ruh-ruh kalian sesuai kehendak-Nya dan memulihkan kepada kita sekehendak-Nya pula.

Wahai Bilal, berdiri dan adzanlah (umumkan) kepada orang-orang buat shalat!" then beliau experienced berwudhu, kapan matahari meninggi dan tampak sinar putihnya, beliau pun standing melaksanakan shalat." (HR. Al-Bukhari)

 


3. Tata Cara Mengqodho Sholat Maghrib di times Isya

*

(credit: freepik.com)

pada dasarnya tata cara mengqodho sholat Maghrib di waktu Isya sama kemudian mengerjakan sholat yang ditinggalkan. Begitu juga dengan mengqodho sholat fardhu dll dapat dikerjakan benar dengan sholat apa terlewat baik sifat dan tata caranya.

Namun apabila kita terlewat sholat Maghrib, maka masih sanggup dikerjakan di waktu Isya. Adapun untuk tata cara mengqodho sholat Maghrib di times Isya dapat kalian simak malalui penjelasan berikut dilansir dari bimbinganislam.com. Dimana ada tiga tata cara mengqodho sholat Maghrib di waktu Isya secara berjamaah yakni,

- diikuti sholat Isya menjangkau niat sholat Maghrib, namun pada rakaat ketiga dapat bertasyahud, berdoa, serta langsung salam.

- diikuti sholat Isya mencapai niat sholat Maghrib, namun di ~ rakaat ketiga dingin duduk terlebih sebelum menunggu imam sampai tasyahud karena sholat Isya. Selagi imam bertasyahud untuk sholat Isya, maka dapat ikut bertasyahud also lalu salam bersama imam. Cara tersebut disebutkan imam An-Nawawi yang berkata,

"Jika ada seorang berniat sholat Subuh di belakang imam yang sedang sholat Dzuhur. (maka boleh), selagi makmum telah berada dirakaat kedua (tinggal tasyahud dan salam) ia menunggu imam, then bertasyahud bersama imam."

- Dan ini lebih major yakni (ia also boleh selagi selesai Subuhnya, segera bertsayahud sendiri lalu salam walaupun noël bersama imam) atau disebut menjangkau mufaraqah. Dan bertindak sholatnya noël batal walaupun ia noel mengikuti imam (sehingga mendahului imam saat salam). Sebab ia memang noël bisa mengikuti imam untuk menambah rakaatnya. Dan halaman tersebut boleh tidak punya ada khilaf.

 


4. Bacaan Niat Mengqodho Sholat Maghrib di waktu Isya

*

(credit: freepik.com)

Sedangkan untuk bacaan niat qodho sholat Maghrib di waktu Isya dapat dilafalkan sesuai dengan sholat yang terlewat. Setelah membaca niat tersebut dapat segera melaksanakan sholat benar dengan sholat apa terlewat. Apabila sholat terlewat lebih dari satu maka nanti salam dapat berdiri kembali untuk mengqodho sholat selanjutnya.

Berikut ini bacaan niat qodho sholat Subuh, Dzuhur, Asar, Maghrib, Isya dilansir dari merdeka.com.

- Niat qodho sholat Subuh:

"Ushallii fardash-Shubhi rak"ataini mustaqbilal qiblati qodho"an lillaahi ta"aalaa."

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat serta qodho untuk Allah Ta"ala."

- Niat Mengqodho sholat Dzuhur:

"Ushallii fardhazh-Zhuhri arba"a raka"aatin mustaqbilal qiblati qodho"an lilaahi ta"aalaa."

Artinya: "Saya (berniat) diperkerjakan sholat fardhu Dzuhur sebanyak empat rakaat menjangkau menghadap kiblat serta qodho untuk Allah Ta"ala."

- Niat Mengqodho sholat Asar:

"Ushallii fardhal "Ashri arba"a raka"aatin mustaqbilal qiblati qodho"an lilaahi ta"aalaa."

Artinya: "Saya (berniat) diperkerjakan sholat fardhu Asar sebanyak empat rakaat menjangkau menghadap kiblat serta qodho karena Allah Ta"ala.

- Niat Mengqodho sholat Maghrib:

"Ushallii fardhal Maghribi tsalaatsa raka"aatin mustaqbilal qiblati qodho"an lilaahi ta"aalaa."

Artinya: "Saya (berniat) bekerja sholat fardhu Maghrib sebanyak tiga rakaat mencapai menghadap kiblat, serta qodho karena allah ta"aalaa."

- Niat Mengqodho sholat Isya:

"Ushallii fardhal Isyaa"i arba"a raka"aatin mustaqbilal qiblati qodho"an lilaahi ta"aalaa.

Lihat lainnya: Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview Dan Jawabannya

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Isya" sebanyak empat rakaat menjangkau menghadap kiblat serta qodho untuk Allah Ta"ala."

Nah itulah tata cara mengqodho sholat Maghrib di times Isya. Sehingga dengan memahami tata cara tentang qodho sholat dapat memudahkan kalian mengamalkannya ketika terlewat waktu sholat karena tidak disengaja.