Oleh-oleh Khas Cirebon – kota Jawa Barat were salah satu gawangnya berwisata buat memang luaran bentang alam yang cukup indah. Salah satu kabupaten yang kerap menjadi incaran crowd orang adalah Kabupaten Cirebon atau lebih dikenal seperti kota Udang.

Anda sedang menonton: Oleh oleh makanan khas cirebon

Selain memiliki crowd destinasi perjalanan lama, kota ini juga memiliki cukup crowd kuliner khas, mula dari makanan memuat hingga pakan ringan yang cukup melegenda.

Setelah seharian menikmati indahnya kota Cirebon, milik mereka bisa cobalah mampir nanti beberapa warung makan karena mengisi perut yang lapar. Ke puas bersantap ria, kini tibalah saatnya karena berburu oleh-oleh khas Cirebon apa pastinya enak dan ditawarkan mencapai berbagai keunikan. Selain memiliki rasa unik dan lezat, harga buat oleh-oleh khas Cirebon tambahan relatif murah


Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Cirebon noël sulit buat cukup crowd toko yang menjual camilan khas cinebon ini, selain menyertainya di berbagai sentral perbelanjaan dan pasar tradisional anda juga bisa dengan menyudahi menemukannya. Penasaran dengan deretan oleh-oleh khas Cirebon, silahkan simak ulasan berikut!

Oleh-oleh Khas Cirebon apa Wajib Dibawa Pulang

Bagi sobat traveler apa masih bingung dengan memberi makan atau camilan maafkan saya saja yang bisa dibawa pulang saat mengunjungi kota Cirebon, sanggup melihat mayoritas rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon under ini:

1. Empal Gentong

*
Empal Gentong

Di kota Cirebon terdapat makanan khas yang berisi daging sapid one jeroan dan berkuah santan apa bernama empal gentong.

Meski sajiannya mirip mencapai gulai, namun untuk cita rasa jauh berbeda, jika gulai bercita rasa tajam dan gurih, sedangkan buat empal gentong merupakan himpunan antara gurih dan manis.

Selain akun itu pembuatan empal gentong apa masih benefit cara secara tradisional menggunakan woods bakar dan dimasak di batin gentong atau periuk membuatnya memiliki cita rasa apa lebih lezat dan untuk membuat ketagihan.

Oleh-oleh khas cirebon ini pakai jeroan seperti isian, start dari usus, limpa, babat, paru, serta babat. Camilan ini awalnya berasal dari kawasan desa Batenbat, Kecamatan markas besar Tani, dan kini siap bisa tersadar di kyung Cirebon.


Untuk menyantap mangkuk empal gentong tradisional ditambah lontong atau nasi ke itu ditaburi irisan daun kucai serta jeruk nipis.

2. Nasi Jamblang

*
Nasi Jamblang via Detik

Oleh-oleh khas cinebon selanjutnya adalah nasi jamblang. Makanan khas ini menjadi salah satu memberi makan legendaries dan hingga kini masih digemari. Papan ini berasal dari kanton barat kota Cirebon yang bernama desa Jamblang, itulah sebabnya diberi nama belakang nasi jamblang.

Nasi jamblang ini memiliki bentuk yang unik karena dibungkus menggunakan lembaran jati apa diberi lauk pauk dan ditampilkan secara prasmanan.

Pada awalnya lembaran jadi digunakan untuk membungkus nasi beserta lauk, namun kini cantik mengikuti perkembangan zaman dan just digunakan kemudian alas piring. Pedagang nasi jamblang sanggup dengan mudah ditemukan disekitar jalanan kota Cirebon.

3. Docang

*
Docang via Liputan6

Docang were salah satu pakan atau oleh-oleh khas Cirebon. Cara making docang ini tidak begitu sulit, kita just perlu menyiapkan beberapa nyata baku such lontong, daun singkong, tempe gembus, tauge, serta kerupuk, setelah itu campurkan semua bahan tersebut.

Setelah akun itu diberi taburan parutan kelapa bocah agar rasa lebih gurih dan lezat. Untuk warga Cirebon, docang ini biasa dijadikan menu sarapan yang lezat dan mengenyangkan.


4. Mie Koclok

*
Mie Koclok via Cookpad

Kota Cirebon, Jawa barat memiliki memberi makan khas apa berupa mie. Jadi buat pecinta mie belum lengkap rasa jika belum mengunjungi kedai mie koclok yang ada disekitar jalanan kota Cirebon.

Mie koclok ini mempan dengan ekstra beberapa isian sebagai kol, daging ayam, telur, tauge dan tentunya manfaat bahan terutama mie kuning kemudian disajikan menjangkau siraman kuah santan yang diberi bumbu mengkhususkan sehingga rasa sangat lezat dan pasti menggugah selera, terutama selagi disantap dalam kondisi panas.

5. Nasi Lengko

*
Nasi Lengko via Inibaru

Nasi lengko cocok sekai dikonsumsi para vegetarian untuk disajikan hanya dengan campuran sayur tidak punya tambahan daging.


Selain mencampurkan beberapa jenis sayuran also ditambahkan menjangkau beberapa protein nabati sehat kemudian tahu, tempe, tauge, nasi putih, mentimun, daun kucai serta diberi taburan bawang goreng. Terakhir diberi siraman kuah koine sehingga rasa semakin enak.

Untuk sepiring nasi lengko dijual menjangkau harga apa terjangkau yaitu 10 ribu rupiah saja. Menjangkau harga yang güns sudah bisa nemani suap anda yang mengenyangkan.

6. Sate Kalong

*
Sate Kalong via Saegaleri

Sate kalong were salah satu papan khas kota Cirebon. Dengar namanya bisa kita akan merasa sedikit ngeri, namun jangan salah, sate ini ~ no berasal dari daging kalong ataukah kelelawar, melainkan dari daging kerbau asli.


Disebut sate kalong buat hanya dibuka di atas malam hari, mulailah dari magrib hingga markas besar malam, untuk memang kalong atau kelelawar start beraktifitas di ~ malam hari. Karena cita rasa sate kalong kombinasi antara dikepang dan manis.

7. Teh Poci

*
Teh Poci via Kumparan

Teh poci yang ada di kota Cirebon cocok sekian diseduh di ~ pagi days sambil menikmati indahhnya matahari terbit. Udara di Cirebon apa relative dingin also menjadi semakin syahdu ditemani segelas teh poci.

Teh poci khas cirebon ini membuat dari teh hijau melati opsi yang disajikan di dalam poci atau teko apa terbuat dari clay sehingga memiliki kesalahan dan rasa apa khas.

8. Kerupuk Melarat

*
nursyiahrs

Kerupuk melarat yang ada di kota Cirebon cukup crowd diburu wisatawan lo. Merek penasaran dengan camilan yang satu ini.

Meski namanya kerupuk melarat namun bukan berarti membuat their melarat atau miskin selama menyantapnya. Hanya saja penyajian kerupuk khas cirebon ini terutang sederhana, apa dimasukkan nanti dalam kantong plastick kemudian ditali menggunakan rafia, sehingga dinamakan kerupuk melarat.

Meski begitu kerupuk ini memiliki warna apa menarik dan rasa yang enak dan lezat. Karena harga kerupuk cat – warni ini dijamin senjata meriah.

Agar rasanya kerupuk ini lebih mantap anda bisa menambahkan sambal asam diatas kerupuk melarat agar rasanya semakin nikmat. Untuk dapat menikmati kerupuk ini kita harus mengeluarkan kocek Rp10.000 ini dijamin pas untuk menemani segala acara di rumah.

9. Tahu Gejrot

*
Tahu Gejrot

Siapa yang belum pernah mendengar nama tahu gejrot dari town Cirebon? makanan khas yang satu ini cantik sangat terkenal, bahkan siap ada di beberapa wilayah lain di Indonesia.

Meski namanya sama dengan makanan khas Semarang, namun untuk mengetahui gejrot dari Cirebon pribadi keunikan tersendiri.



Makanan apa cukup membusuk ini dibuat dari tahu apa dipotong kecil, kotak menyerupai dadu, ke itu diberi bumbu pilihan, mulai dari cabai, bawang putih, bawang merah, gula merah serta garang apa dihaluskan.

10. Bubur Sop

*
Bubur Sop via Detik

Ingin purchas oleh-oleh khas Cirebon untuk keluarga tercinta di rumah, namun masih bingung? milik mereka bisa mencoba mampir nanti kedai havermut sop yang ada disekitar jalanan town Cirebon.

Seperti namanya, memberi makan ini merupakan asosiasi dari bubur ayam dan sop. Untuk semangkuk bubur sop anda hanya perlu dibayar 15 ribu rupiah mencapai isian berisi tauco, suwiran ayam, sayur kol, lembaran bawang serta dilengkapi mencapai kerupuk sehingga rasanya semakin lengkap. Havermut sop bercita rasa gurih dan cocok terlalu banyak dijadikan menu suap bersama keluarga.

11. Empal Asem Amarta

*
Empal Asem Amarta via Tribunnews

Salah satu kedai apa ada di town Cirebon dilayani menu empal asem nan lezat. Empal asem Amarta menjual empal asem bercita rasanya gurih dan lezat, dengan rasanya asem apa mendominasi karena sajian ini berisi belimbing wuluh, tomat, daun bawang dan bahan utamanya yaitu irisan daging.

Kemudian disiram dengan kuah bening. Meski terbuat dari irisan daging, namun noël ada alot – alotnya sama sekai sehingga kita noel memerlukan tenaga ekstra untuk mengunyahnya, hal ini disebabkan cara memasak daging mengkhususkan sehingga tekstur dagingnya empuk dan lembut.

12. Serabi

*
lautze007.jpg 675w, https://reactora.net/wp-content/uploads/2020/07/Serabi-via-IG-
lautze007

Oleh-oleh khas cirebon yang noël kalah enak dan melegenda adalah kue serabi. Kue serabi siap dibuat dan dikonsumsi darimana dulu tentu saja oleh warga Cirebon.

Bahkan kini untuk mendapatkan kue serabi bukan lagi hal yang sulit buat sudah ada di seluruh pelosok Indonesia.

Kue ini bukan hanya dijual di pasar – pasar tradisional saja, namun tambahan ada di menjabarkan berkelas, dengan inovasi rasa kekinian pastinya, kemudian menggunakan beberapa tipe topping seperti, susu, keju, coklat strawberry, dan masih kerumunan lagi yang lainnya.

Pada awalnya kue serabi just dibuat dengan rasa original yaitu diproses tepung beras yang diberi siraman gula merah. Selain itu roti isi daging Cirebon juga mengkonsumsi serabi mencapai cara unik yaitu makan dengan gorengan .

13. Terasi Cirebon

*
desifatmawati31" width="650" height="487" />Terasi cirebon via IG
desifatmawati31

Bingung dengan oleh-oleh maafkan saya yang menjadi anda membawa pulang selama mengunjungi kota Cirebon? kota Cirebon personally memang dikenal seperti kota udang.

Oleh buat itu membawa oleh – oleh apa terbuat dari menangani udang adalah penyimpangan satu solusi. Terasi Cirebon yang terbuat dari udang nguyên bisa menjadi pilihan berbelanja anda buat dibawa pulang.

Terasi udang Cirebon yang khas ini pribadi cita rasa yang nikmat, terutama selama dijadikan olahan makanan kemudian sambal terasi, kangkung saus cabai terasi dan masih kerumunan lagi diproses dari terasi. Buat harga satu bungkus terasi cinebon ini dingin bersahabat.

14. Gado – gado Ayam

*
Gado – Gado Ayam via Ninetyfoodies

Jika papan gado – gado merupakan makanan apa merakyat dan ada diseluruh Indonesia apa dibuat dari campuran sayuran dan lontong yang disiram mencapai kuah kacang.

Namun berbeda dengan gado – gado khas Cirebon yang dibuat dengan mencampur suwiran ayam. Jika milik mereka mengaku such pecinta gado – gado, maka belum lengkap rasa jika belum merasakan nikmatnya gado – gado ayam khas cinebon ini.

Sepiring gado – gado membuat Dari mencampur sayur mayur, timun, lontong, kentang, telur rebus, tauge serta kerupuk yang disiram mencapai kuah kacang serta mencampur siraman kuah kari yang membuat gado – gado ayam semakin lezat.

Untuk menikmati sepiring gado – gado ayam anda bisa mengunjungi salah satu warung yang terletak di jalur Lawanggada noel jauh dari market Sumber.

15. Sirup Tjampolay

*
citraningputri" width="650" height="813" />Sirup Tjampolay via IG
citraningputri

Sirup tjampolay turut meramaikan world kuliner di town Cirebon. Sirup ini cocok terlalu banyak dinikmati bersama familial sambil bersantai dan ditemani sekaleng biskuit.

Aneka rasa khas yang bervariasi menjadikan minuman ini dingin populer, bukan hanya bagi burger local namun also bagi para wisatawan yang datang.

Rasa segar sirup akan semakin nikmat jika ditambah pita batu, selain menyertainya aromanya apa wangi dan harus menambah selera penikmatnya.

Salah satu yang menjadi favorit adalah rasa pisang susu yang manis dan segar. Buat mendapatkan sebotol sirup milik mereka bisa mencarinya di pusat perbelanjaan atau di toko malalui oleh khas Cirebon.


Sirup yang satu ini memiliki kerumunan rasa, tapi tidak ada rasa mantan memiliki :D. Milik mereka bisa mencoba varian pisang susu, stroberi, kopyor, moka, mangga, melon, cocopandan, dan leci. Harga sebotol sirup Tjampolay ini yaitu Rp27.500 dengan ukuran botol apa besar.

Selain sudah melegenda, sirup ini juga menawarkan berbagai rasa yang sangat Indonesia sekali. Panggilan saja raa jeruk nipis, asam jeruk, kopyor, durian, hingga mangga gedong. Namun dari semua rasa, rasa yang paling favorit adalah varian pisang susu. Jika kamu berniat menjadikan sirup ini seperti oleh oleh, kamu mungkin mengunjungi Jl. Raya Pleret. Di sepanjang cara ini kamu bisa mendapatkan sirup ini atau ke pusat melalui oleh yang lain.

Kamu juga bisa mengunjungi pabriknya langsung apa berada di Jl. Elang Raya K. 11-12. Selain di secara spasial tersebut toko oleh oleh Pangestu juga bisa dulu alternatif. Toko apa berada di Jl. Sukalila Selatan No. 49 ini menyediakan crowd macam buah memanggang khas Cirebon. Tersirat sirup buah yang sudah melegenda ini, toko malalui oleh ini tambahan sudah ada sejak five 1992 memanggang sudah sanggup dipastikan koknya citranya bukan?

16. Kerupuk Udang

*
Kerupuk Udang

Ketika anda berburu melalui oleh khas Cirebon belum lengkap rasanya jika belum membeli kerupuk udang khas Cirebon.

Kerupuk monetary ini merupakan salah satu varian pakan atau produk apa dibuat benefit udang, buat memang kota Cirebon dikenal seperti kota udang.


Terdapat dua varian kerupuk mata uang yaitu kerupuk matang sudah santap serta kerupuk mentah. Ke sampai dirumah milik mereka bisa secepatnya menggorengnya karena teman makan bersama keluarga.

17. Pita ketan lembaran Jambu

*
kuninganrepost

Jika kita selama ini membungkus pita ketan menggunakan daun pisang, maka various dengan pakan khas Cirebon apa satu ini.

Warga cirebon membuat pita ketan yang dibungkus menggunakan daun jambu, halaman inilah yang membuat tape ketan cinebon berbeda dari band ketan diatas umumnya.

Lihat lainnya: Contho Cara Membuat Sate Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Tape ketan ini cukup mudah hadiah disekitar town Cirebon, namun jangan kejut dengan rasanya memiliki sebab rasa pita ketan ini lebih masam.