Tumor tulang belakang adalah tumor apa muncul di tulang belakang atau jaringan sekitarnya, misalnya saraf tulang belakang. Tumor ini biasanya tampak seperti benjolan dan dapat menimbulkan berbagai gejala. Penanganan yang tepat perlu dilakukan sejak dini guna mencegah tumor berkembang menjadi ganas.

Tumor adalah penyakit apa terjadi ketika sel-sel di jaringan atau organ berbadan tertentu ditanam secara berlebihan dan noël terkendali, sehingga berhenti bagian tubuh yang sehat di sekitarnya. Tumor ada apa bersifat jinak, tetapi ada pula apa ganas (kanker).

Anda sedang menonton: Penyebab kanker sumsum tulang belakang

*

Berbeda menjangkau kanker, tumor jinak cenderung noël menyebar ke bagian tubuh lain dan pertumbuhannya lebih lambat. Ini adalah tetapi, jika noel ditangani since dini, sebagian types tumor sanggup berubah menjadi ganas. Tumor juga bisa tertanam di jaringan sikap mana pun, tersirat tulang belakang.

Ada kawanan jenis tumor apa bisa muncul di tulang belakang, di antaranya:

Osteochondroma Osteoblastoma Ependymoma dan meningioma Schwannoma dan neurofibroma

Penyebab Tumor Tulang Belakang

Hingga saat ini, alasan seseorang mengalami tumor tulang belakang masih belum bisa diketahui secara pasti. Become tetapi, ada mayoritas faktor apa diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tumor tulang belakang, antara lain:

Faktor keturunan

Selain itu, tumor tulang belakang tambahan sering kali muncul acibe berpindahnya sel-sel tumor dari bagian riak lain. Proses berpindahnya sel tumor dari ruang angkasa asalnya ini panggilan metastasis. Kapak tumor yang demikian dapat terjadi di ~ penderita kanker stadion 4, misalnya diatas kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

Beberapa komplikasi Tumor Tulang Belakang

Tumor tulang belakang pada tahap mulai umumnya noël bergejala. Komplikasi tumor ini tradisional baru muncul kapan sel tumor tumbuh semakin terlalu tinggi dan mulai merusak jaringan tulang belakang atau struktur di sekitarnya, misalnya saraf atau bantalan saraf.

Ada beberapa komplikasi tumor di tulang belakang, di antaranya:

Muncul benjolan di punggung atau circa tulang belakang. nyeri dan positioner leher Kelemahan atau bahkan kelumpuhan anggota gerak tubuh, misalnya delapan dan tungkai Kesemutan atau dies rasa di punggung Gangguan limbah air small atau buang air terlalu tinggi Hilangnya fungsional usus atau kandung kemih

Nyeri akibat tumor tulang belakang bisa semakin parah selagi penderitanya berbaring, mengejan, atau batuk. Di ~ pria, tumor tulang belakang juga bisa disebabkan disfungsi ereksi.

Gejala-gejala tumor tulang belakang sering kali sanggup menyerupai banyak penyakit atau kapak medis lain, misalnya saraf terjepit (HNP), kerusakan punggung atau tulang belakang, dan TBC tulang belakang. Oleh karena itu, untuk memastikan diagnosisnya, diperlukan kebijakan aturan medis menyeluruh dari dokter.

Untuk mendiagnosis tumor tulang belakang, kedelapan umumnya akan melakukan pemeriksaan fisik dan dirombak penunjang, kemudian foto Rontgen, USG, MRI, CT scan, biopsi, dan memeriksa tumor marker.

Cara memperbaiki Tumor Tulang Belakang

Tujuan pengobatan tumor tulang belakang adalah mengangkat tumor tidak punya merusak subacute tulang belakang dan saraf di sekitarnya. Selain itu, penanganan tumor tulang belakang also penting untuk mencegah penyebaran sel tumor usai jaringan berbadan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan melalui dokter karena mengatasi tumor tulang belakang:

1. Operasi

Operasi tulang belakang umumnya dilakukan untuk mengangkat jaringan tumor yang tumbuh di tulang belakang. Namun, sisa sel tumor terkadang masih ada yang tertinggal di jaringan tulang belakang setelah operasi dilakukan.

Oleh untuk itu, langkah kerja biasanya dipadukan dengan cara penanganan lain, seperti kemoterapi dan terapi radiasi, karena menghilangkan sisa sel-sel tumor di tulang belakang.

2. Metalurgi radiasi

Terapi radiasi atau radioterapi umumnya digunakan untuk menghilangkan sisa tumor yang noël dapat diangkat jenuh melalui operasi.

Selain itu, terapeutik ini also dilakukan untuk mengatasi tumor yang noël dapat dioperasi atau jika langkah operasi dinilai berisiko tinggi dan dapat disebabkan komplikasi, misalnya kelumpuhan atau mati rasa akibat menyakiti saraf.

3. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan deviasi satu perilaku pengobatan standar untuk berbagai jenis kanker, termasuk tumor tulang belakang. Meski demikian, kemoterapi sering kali dapat menimbulkan berefek samping, sebagai kelelahan, mual, muntah, nyeri, infeksi, dan haar rontok.

4. Fisioterapi

Metode fisioterapi umumnya dilakukan nanti penderita mulai pulih dari operasi dan telah menyelesaikan pengobatan kemoterapi atau terapi radiasi.

Fisioterapi dapat membantu penderita untuk back bergerak, pengayaan kemampuan batin menjalani aktivitas fisik sehari-hari, serta mendukung proses pemulihan nanti pengobatan tumor tulang belakang.

Tumor belakang merupakan penyakit apa jarang terjadi. Kendati demikian, jika dibiarkan tidak punya pengobatan, tumor tulang belakang bisa menjadi lebih sulit diobati dan bahkan berisiko ditinggikan menyebabkan berbahaya saraf tulang belakang secara permanen.

Lihat lainnya: Live Streaming Psm Vs Lao Toyota, Psm Makassar 7

Oleh buat itu, milik mereka perlu waspada apabila mengalami gejala-gejala tumor tulang belakang yang telah disebutkan sebelumnya. Jika merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya langsung periksakan diri usai dokter agar kebijakan aturan dan menangani dapat dilakukan darimana dini.