reactora.net, Jakarta Badan sentral Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,02 persen di 2016. Nomor ini lebih besar lagi dari 2015 apa dikoreksi sebesar 4,88 persen.

Anda sedang menonton: Pertumbuhan ekonomi indonesia 2015 bps

Demikian pula realisasi pertumbuhan ini tambahan lebih tinggi dibandingkan 2014 apa sebesar 5,01 persen, meski masih lebih rendah dari 2013 apa di lokasi 5,56 persen.



Sementara biaya Produk Domestik total (PDB) atas mendasar harga fungsi (ADHK) menjangkau Rp 2.385,6 triliun. Sedangkan PDB atas radikal harga berlaku (ADBH) menjangkau Rp3.194,8 triliun.


Dia menuturkan, pertumbuhan ekonomi nasional antara go dipengaruhi kapak perekonomian global di kuartal IV yang menunjukkan peningkatan, namun pertumbuhannya belum merata.
Sementara harga komoditas di pasar global mulailah naik berpengaruh usai ekspor. Demikian pula ekonomi pemfitnahan mitra dagang indo di ~ umumnya membaik
"China sedikit menguat dari 6,7 persen menjadi 6,8 persen. Together walaupun sedikit gaduh dengan pemimpin barunya, ekonomi meningkatkan dari 1,7 persen menjadi 1,9 persen dan Singapura timbul dari 1,1 persen menjadi 1,8 perse," tutur dia.

Realisasi ini sejalan dengan prediksi. Terutama Ekonom Danareksa research study Institute, Damhuri Nasution batin risetnya tebak ekonomi Indonesia bertumbuh circa 5 persen di ~ 2016 ataukah lebih ditinggikan dari realisasi 2015 yang sebesar 4,79 persen.

Kontribusi pendorong ekonomi Indonesia masih dari konsumsi rumah tangga dan belanja pemerintah yang meningkat di kuartal IV five lalu.

Lihat lainnya: Agama Yang Dianut Barack Obama Muslim, Barack Obama

"Pertumbuhan ekonomi di kuartal IV 2016 negatif 1,67 persen (QoQ) dan 5,19 persen (Yoy) sehingga ekonomi di 2016 tumbuh 5,08 persen," kata dia.

Dia menjelaskan, engine pertumbuhan ekonomi Indonesia lima ini ditopang konsumsi rumah tangga yang tumbuh seiring mencapai terjaganya laju inflasi sepanjang tahun lalu."Tren kesukuan bunga yang turun dan indeks kepercayaan konsumen relatif tinggi sehingga menindas konsumsi masyarakat," ujar dia.(Fik/Nrm)

 


Kredit
Bagikan
11

Rekomendasi


*

Apindo Ramal Pertumbuhan Ekonomi RI 5 Persen di 2022, tapi Ada Syaratnya


*

Ekonomi Membaik, Produk RI Wajib sudah Bersaing di pasar Global


*

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2021 maju Cuma 3 Persen


*

Apindo proyeksi Ekonomi Indonesia ditanam 5 Persen di 2022


*

Menko Airlangga Yakin Indonesia dengan tegas Mampu Tangani epidemi Sekaligus Pulihkan Ekonomi di 2022


*

Gara-gara Omicron dan Inflasi, IMF ini adalah Pangkas Prediksi Pertumbuhan Ekonomi UE


*

PPKM level 3 saat Nataru Batal, sosial Makin Pede Berbelanja


*

PPKM tingkat 3 Nataru Batal, Pertumbuhan Ekonomi Bakal Melesat


*

Di Forum Indonesia-Australia, Menko Airlangga Paparkan perspektif Ekonomi RI di 2022


*

TOPIK POPULER


INFO LOWONGAN KERJA


Populer

Lihat Semua

Berita Terkini

Lihat Semua