*

JAKARTA, reactora.net.com - Indonesia didefinisikan memiliki penerbang pesawat terbang tempur ataukah fighter perempuan pertama dari TNI Angkatan Udara (AU).

Anda sedang menonton: Pilot pilot wanita pesawat tempur china

Sosok penerbang tempur tersebut bernama Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti, lulusan akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2018.

Menurut terutama Subdinas Penerangan Umum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris, Ajeng become memulai pengabdiannya di pasukan Udara 15 wing Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan di Jawa Timur.

Baca juga: memusat TNI AU hingga 2024, Melengkapi Alutsista dan Pengembangan Organisasi

Ia menjadi mengoperasikan pesawat terbang tempur T50i kuning Eagle.

Ajeng mengatakan, ia memiliki tekad apa bulat dan kuat untuk menjadi seorang fighter.


Dapatkan informasi, inspirasi dan understanding di email kamu.Daftarkan email


Para instrukturnya juga memberikan motivasi yang besar buat menjadikannya penerbang pesawat terbang tempur.

"Para instruktur menyemangati saya agar bisa were fighter dan sekarang hal tersebut terwujud," ujar dia.

Baca juga: detik Ini, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna menjadi Lantik 42 Pewira TNI AU

Diketahui, KSAU Yuyu Sutisna become melantik 42 perwira TNI AU implisit dua perwira perempuan dan dua perwira TNI Angkatan Darat (AD) diatas upacara Wisuda Siswa sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan ke-97 ataukah Wingday.

Pelantikan tersebut akan dilaksanakan secara simbolis di dua tempat. Hal itu dilakukan dalam rangka pencegahan wabah viridans corona (Covid-19).

Baca juga: TNI AU Jemput APD Bantuan dari Singapura dan Kamboja

Tempat duluan di Markas terlalu tinggi Angkatan Udara (Mabes AU), KSAU become menyematkan wing penerbang dan trofi di atas dua lulus terbaik dan satu perwakilan siswa dari TNI AD.


DOKUMENTASI TNI AU Perempuan pertama dilantik such penerbang pesawat terbang tempur TNI AU di Indonesia, Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti.
Sedangkan, para peserta wisuda lainnya mengikuti upacara dari Wisma Adisutjipto di Yogyakarta dan terhubung malalui jaringan video jarak jauh dengan Mabes AU.

Ia melanjutkan, peserta wisuda yang dilantik menjadi segera bergabung mencapai skuadron apa terdiri dari 34 penerbang pesawat terbang fixed wing dan 10 penerbang rotary wing (helikopter).

Namun, mengkhususkan penerbang tempur become menjalani Kursus Pengenalan Terbang pesawat terbang Tempur (KPTPT) terlebih sebelum di skadron Udara 15 sebelum menjalani masa transisi di skuadronnya masing-masing.

Lihat lainnya: Bentuk Pola Lantai Pada Tari Berkelompok Harus Dilakukan Dengan

Dapatkan update berita pilihan
dan breaking news setiap hari dari reactora.net.com. Mari bergabung di Grup telegram "reactora.net.com berita Update", caranya klik link https://t.me/reactora.netcomupdate, kemudian join. Their harus download aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.