Apa saja apa kamu lakukan di rumah buat membunuh waktu? Bikin tugas? key game? Nonton serial terkenal? 

Jika kamu hobi menonton, bisa kamu sudah pernah menonton serial terkenal baru-baru ini circa kehidupan di era Regency di Britania Raya. Kesuksesan serial tersebut membuktikan bahwa sejarah sanggup dikemas dulu tontonan yang menarik dan disukai social modern juga, ya.

Anda sedang menonton: Raja purnawarman di kerajaan tarumanegara

Bagaimana dengan sejarah di Indonesia? Di Indonesia sendiri, ada crowd kerajaan yang pernah standing dengan megahnya, deviasi satunya empire Tarumanegara. Kamu pasti siap familiar banget nih dengan kaya satu ini!

Kerajaan tarunagara adalah deviasi satu kaya Hindu yang paling perilaku di Indonesia. Kata “taruma” diambil dari tarum atau nila, yaitu sungai apa membelah Jawa Barat, Sungai Citarum.

Seberapa kenalkah kamu dengan empire ini? Yuk, baca ulasan lengkapnya dibawah ini!


Daftar Isi Sembunyikan
Letak empire Tarumanegara
Tokoh Berpengaruh dalam Kerajaan tarunagara
apa Saja Peninggalan kaya Tarumanegara?
1. Kata-kata Ciaruteun
2. Jumlah orang Tugu
3. Inskripsi Jambu
4. Inskripsi Cidanghiang/Lebak
5. Prasasti pintu sungai Cianteun
6. Kata-kata Kebon Kopi
7. Kata-kata Pasir Awi

Letak empire Tarumanegara


*

Source: tempo.co


Kamu tentu saja sudah untuk mengetahui bahwa kerajaan ini berbohong di pulau Jawa, kan? Lebih tepatnya, Jawa Barat. Diperkirakan, pusat kerajaan berada di daerah Bogor.

Maka, tidak heran bahwa peninggalan-peninggalan empire Tarumanegara kerumunan ditemukan di quenn Jawa barat dan sekitarnya juga.

Wilayah kekuatan Kerajaan tarumanegara meliputi sepanjang aliran Sungai Cisadane dan Sungai Ciliwung.

Tokoh Berpengaruh dalam Kerajaan Tarumanegara


*

Source: d.wikipedia.org/


Pendiri kerajaan Tarumanegara ialah Rajadirajaguru Jayasingawarman, seorang pendeta dari India. Peperangan di kaya tempat asalnya membuatnya harus melarikan diri nanti Nusantara dan pengaturan sebuah kaya baru. Nanti wafat, takhta diteruskan malalui putranya, Dharmayawarman. 

Meskipun noël banyak penjelasan apa bisa ditemukan sekitar kedua king pertama kerajaan Tarumanegara ini, namun cukup kerumunan sejarah apa mencatatkan nama raja ketiga, yaitu Purnawarman. Kerajaan Tarumanegara mengalami kemajuan apa pesat dibawah kepemimpinannya, mengambil alih hingga puluhan kerajaan kecil di bawahnya. Kejayaan ini tercatat lewat prasasti-prasasti yang ditemukan.

Pada masa pemerintahannya, raja Purnawarman memerintahkan pembangunan sebuah saluran sepanjang 6.122 tombak (kira-kira 12 kilometer) di Sungai Gomati, Jawa Barat. Fungsional dari kanal tersebut adalah untuk mencegah bencana banjir pada saat musim hujan penghujan dan irigasi diatas saat monsoon kemarau. 

Bukan ini saja, lho, pembangunan apa dilakukan di atas masa memaksa Purnawarman. Ini disebabkan karena sang king sangat berfokus di atas pembangunan di quenn sungai.

Setelah raja Purnawarman, ada 8 raja yang meneruskan takhta demi takhta. Penerusan menyertainya berakhir di ~ saat raja Linggawarman tidak memiliki putra untuk meneruskan takhtanya. Dengan terpaksa, ia meneruskannya kepada menantunya, Tarusbawa.

Pada saat Tarusbawa memimpin, kerajaan terpecah dulu dua: kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh.

Apa Saja Peninggalan kerajaan Tarumanegara?

Masyarakat batin Kerajaan Tarumanegara siap mengenal biakan menulis. Hal ini terlihat dari banyaknya prasasti apa ditemukan, yaitu:

1. Inskripsi Ciaruteun


*

Source: kebudayaan.kemdikbud.go.id/


Lokasi invensi prasasti ini adalah di tepi Sungai Ciaruteun, di dekat pintu sungai Sungai Cisadane. Jumlah orang Ciaruteun benefit huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. Di ~ prasasti ini, terdapat tulisan sebanyak empat baris yang disusun di dalam bentuk sloka, gambar menyerupai laba-laba, dan pasangan telapak feet Raja Purnawarman.

2. Inskripsi Tugu

Lokasi penemuan prasasti ini adalah di quận Tugu, jakarta Utara. Dibandingkan menjangkau prasasti-prasasti lainnya, jumlah orang Tugu berisikan tulisan yang most panjang. Di dalam tulisan tersebut, dijelaskan circa perintah raja Purnawarman kepada rakyat untuk membuat saluran air di Sungai Gomati.

3. Kata-kata Jambu


*

Source: kebudayaan.kemdikbud.go.id/


Lokasi penemuan prasasti ini adalah di tentang 30 km sebelah barat Bogor, tepatnya di kyung Bukit Koleangkak, pada sebuah tanah pribadi jambu. Mencapai huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta, kata-kata ini berisikan pujian bagi pemerintahan raja Purnawarman.

4. Prasasti Cidanghiang/Lebak

Lokasi invensi prasasti ini adalah di tepi Sungai Cidanghiang, Kampung Lebak, Pandeglang, Banten. Pada prasasti ini, terdapat dua pahatan kalimat mencapai huruf dan bahasa apa sama dengan prasasti-prasasti sebelumnya. Dua pahatan kalimat tersebut berisikan pujian bagi keberanian king Purnawarman.

5. Prasasti muara Cianteun

Lokasi penemuan prasasti ini adalah di daerah Bogor, di tepi padi padi yang noël begitu jauh dari letak menciptakan Prasasti Ciaruteun. Berbeda dengan prasasti-prasasti sebelumnya, Prasasti mulut Cianteun dituliskan dengan naskah ikal apa belum dapat dibaca. Lateral tulisan tersebut, terdapat cat, dll telapak kaki.

6. Kata-kata Kebon Kopi


*

Source: kebudayaan.kemdikbud.go.id/


Lokasi penemuan prasasti ini adalah di Kampung pintu sungai Hilir, Cibungbulang, Bogor. Terdapat tulisan aksara ikal dan gambar tapak kaki gajah di ~ prasasti ini. Diperkirakan bahwa tapak feet gajah tersebut sama menjangkau tapak kaki gajah Airawata, gajah tunggangan ketuhanan Perang, Batara Indra.

7. Jumlah orang Pasir Awi

Lokasi penemuan prasasti ini adalah di quận Sukamakmur, Jonggol. Terdapat lukisan ranting sanose dan buah yang berhiaskan sepasang telapak kaki sang raja. Sementara itu, tulisan apa terdapat pada prasasti ini adalah naskah ikal juga.

Lihat lainnya: Lirik Lagu Let Her Go By Passenger, Lirik Lagu Let Her Go

Selain sabtu prasasti apa telah disebutkan, ada pula peninggalan kerajaan Tarumanegara berupa kompleks Percandian Batujaya di Karawang, Jawa Barat, dan mayoritas arca kemudian Arca Wisnu Cibuaya i dan II.

Nah, reactora.netian, menurutmu mungkin enggak nih historia Indonesia dijadikan tontonan yang menarik bagi anak muda? Atau could kamulah apa bisa menjadikan itu nyata, reactora.netian! Yuk, terus semangat belajar menjangkau reactora.net Video, kamu bisa belajar bareng tutor profesional lewat video, rangkuman, dan ribuan latihan soal!