Peristiwa apa sangat noël manusiawi terjadi kepada saudara-saudara untuk kita di Palestina. Di saat melaksanakan kekhusyukan malam moon ramadhan yang full rahmat, mereka rongseng oleh orang-orang Israel. Kejadian tersebut dikutuk malalui publik, mengingat rentetan kezaliman Israel (Yahudi) yang tiada hentinya.

Anda sedang menonton: Surah al isra ayat 4

Hal ini sebagai gambaran firman Allah dalam Alquran surah al-Isrā’ ayat empat sampai lima. Allah SWT berfirman:

وَقَضَيْنَا إِلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ فِي الْكِتَابِ لَتُفْسِدُنَّ فِي الْأَرْضِ مَرَّتَيْنِ وَلَتَعْلُنَّ عُلُوًّا كَبِيرًا

“Dan telah kami tetapkan terhadap Bani Israil di dalam Kitab itu: “Sesungguhnya kamu ini adalah membuat menyakiti di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu become menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar”. Dari ayat diatas, sebaiknya kita melihat historia Bani Israil yang memang cantik digariskan malalui Allah buat berbuat maksiat dan menyakiti di maju bumi. Wahbah Zuhaily batin tafsirnya, bahwa Allah telah mewahyukan kitab Taurat kepada Nabi Musa a.s. Karena disampaikan kepada Bani Israil. Isi dari Taurat itu also menyatakan perbuatan-perbuatan mereka yang akan does kerusakan di maju bumi, yaitu di tanah Syam dan Baitul Maqdis, atau di Mesir atau also di setiap tempat apa mereka tempati, sebanyak dua kali. Mereka ini adalah bermaksiat kepada Allah dan menyalahi syari’at tuan mereka apa ada di batin Taurat.

Hal serupa tambahan dijelaskan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsīru al-Qur’ānil ‘Aẓīm. Ibnu Katsir mengungkapkan Allah telah memberitahukan terlebih dahulu kepada mereka di batin Taurat. Mereka kelak menjadi membuat berbahaya di bumi sebanyak dua kali, dan mereka menjadi menyombongkan diri. Lebih jelasnya, mereka menjadi berbuat sewenang-wenang, melampaui batas, dan jahat terhadap people lain. Makna ayat ini kemiripannya dengan maafkan saya yang disebutkan dalam ayat Alquran lain:


Baca Juga: di dalam Beragama pun, Sikap penuh sesak dilarang melalui Islam

وَقَضَيْنَا إِلَيْهِ ذَٰلِكَ الْأَمْرَ أَنَّ دَابِرَ هَٰؤُلَاءِ مَقْطُوعٌ مُصْبِحِينَ

“Dan telah kalian wahyukan kepadanya (Luth) perkara itu, yaitu bahwa mereka ini adalah ditumpas habis di waktu subuh.”

Janji Allah memenangi Bagi Palestina

Kemudian firman Allah selanjutnya:

فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ أُولَاهُمَا بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَادًا لَنَا أُولِي بَأْسٍ شَدِيدٍ فَجَاسُوا خِلَالَ الدِّيَارِ ۚ وَكَانَ وَعْدًا مَفْعُولًا

Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu, kita datangkan kepadamu hamba-hamba Kami apa mempunyai kekuatan apa besar, lalu mereka merajalela di kampung-kampung, dan itulah ketetapan apa pasti terlaksana.Ada beberapa pendapat relevan penafsiran kalimat “Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami apa mempunyai kekuatan apa besar”. Ibnu Abbas, aṭ-Ṭabāry dan al-Qurthubi, berpendapat bahwa kekuatan geram tersebut adalah warga Babilonia (Persia). Pimpinan mereka adalah Bukhtanaṣar atau Nebukadnezar. Chapter ini ketika pertama kali mendustakan Aramiya sehingga mereka melukai dan menahannya.

Pendapat go dari Abu Qatadah. Ia mengatakan, “Jalut diutus kepada mereka (Bani Isra’il) lalu dia membunuh mereka untuk Jalut dan kaumnya adalah para pemilik kekuatan yang besar.” Riwayat ini tambahan diperjelas dari pendapat Mujahid bahwa kekuatan terlalu tinggi itu merupakan tentara dari Persia.

Selanjutnya, historia orang-orang Yahudi apa menjalin kerjasama mencapai orang-orang Romawi. Akan tetapi, orang-orang Yahudi memahami pengaruh ataupun penjajahan terselubung sehingga mereka memberontak. Di ~ akhirnya, orang-orang Yahudi kalah oleh kekaisaran Romawi. Ratusan ribu orang Yahudi sekarat terbunuh.

Lihat lainnya: Cara Download Bbm Lebih Dari Satu Smartphone Android, Cara Instal Lima Aplikasi Bbm Dalam Satu Android

Pakar tafsir Alquran Indonesia, Quraish Shihab berpendapat dua kekuatan terlalu tinggi diatas mengisyaratkan sejarah kelam orang-orang Yahudi atau Israel. Dua kaya tersebut — Persia dan Romawi— itulah apa sementara dipahami oleh hamba-hamba Tuhan untuk menyiksa mereka. Lalu, apakah ayat ini ada hubungannya menjangkau kejadian di Palestina akhir-akhir ini?


Baca Juga: membaca Yasin Di Malam Jum’at (2) : Benarkah Membaca surat Yasin Malam Jum’at Bertentangan dengan anjuran Nabi observed ?

Kejadian menyertainya memang sangat noël manusiawi, accordingly Palestina terdapat kota suci berbagai keagamaan yakni Yerusalem. Kedamaian atau keharmonisan yang harus dijaga, diubah dulu aksi takut oleh Israel. Melihat historia dan firman Allah di atas kitab Taurat dan yang telah termaktub batin Alquran, sangatlah autentik dan patut diketahui oleh umat Islam kelewat Non-Muslim. Allah akan menjanjikan memenangi bagi orang Palestina dan umat human di dunia apa hidup saling toleran.