reactora.net adalah media insula anak muda yang menyajikan berbagai konten - konten video dan jadwal acara unik & menari dari seluruh dunia

Siapa yang tak tahu dengan R.A Kartini , Beliau merupakan tokoh pahlawan wanita apa memperjuangkan emansipasi wanita. Beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di town Jepara, Ayahnya bernama R.M. Sosroningrat, putra dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV, seorang bangsawan apa menjabat sebagai bupati jepara. Kartini small bersekolah di ELS (Europese Lagere School) dimana disinilah Kartini kemudian belajar Bahasa Belanda dan bersekolah disana hingga ia berusia 12 lima sebab menurut kebiasaan jawa kapan itu, anak banci harus membukukan dirumah untuk ‘dipingit’.

Anda sedang menonton: Surat kartini habis gelap terbitlah terang

Meskipun berada di rumah, R.A Kartini active dalam melakukan korespondensi atau surat-menyurat mencapai temannya yang berada di Belanda sebab beliau tambahan fasih di dalam berbahasa Belanda. R.A Kartini banyak membaca surat kabar ataukah majalah-majalah budaya eropa yang dulu langganannya apa berbahasa belanda, di usianya yang ke 20, ia bahkan banyak membaca buku-buku karya louis Coperus yang berjudul De Stille Kraacht, karya valve Eeden, augusta de Witt.

Lihat lainnya: Resep Bolu Pisang Keju Kukus Yang Sederhana, Lembut Dan Khas Rumahan

Selain akun itu ia also membaca booker karya Multatuli yang berjudul maksimum Havelaar dan Surat-Surat Cinta.


…Agama memang menjauhkan kita daripada berbuat dosa, tetapi bagaimana banyaknya dosa apa kita perbuat atas namu agama ? – (R.A Kartini)…

*
*
*

photo via : tutinonka.wordpress.com

Adapun booker – buku tentang R.A Kartini yakni :

Habis remang Terbitlah TerangSurat-surat Kartini, Renungan tentang dan untuk BangsanyaLetters native Kartini, one Indonesian Feminist 1900-1904Panggil Aku Kartini Saja (Karya Pramoedya ananta Toer)Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminyaAku Mau … Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903.