JAKARTA - Indonesia berlokasi pada pertemuan tiga lempeng world yakni Eurasia, Pasifik, dan Australia yang bergerak saling menumbuk. Tabrakan tumbukan di masa lalu itulah yang menciptakan penunjam memanjang apa kini dikenal sebagai pulau-pulau geram di Indonesia.

Anda sedang menonton: Tanah longsor yang terjadi di indonesia

Mulai dari di sebelah barat Pulau Sumatera, sebelah Selatan pulau Jawa sampai setelah Bali dan islands Nusa Tenggara, sebelah phia băc Kepulauan Maluku, dan sebelah utara Papua.

Seperti apa dilansir reactora.net dari laman Esdm.go.id, episode lain dari tumbukan itu also menciptakan floss samudera, lipatan, punggungan dan patahan di kelelahan kepulauan, penyebar gunungapi, dan penyebar sumber gempabumi.

Bahkan tercatat Gunung fire yang ada di Indonesia berjumlah 129. 13 persen di antaranya merupakan jumlah gunung berapi active di dunia.


BACA JUGA:


Dengan demikian Indonesia menjadi negara apa sangat rawan terhadap hama alam, baik itu musibah letusan gunung fire hingga gempa bumi. Juga di sebagian pesisir pantai Indonesia apa berpapasan mencapai samudra, gempa bumi di dasar laut bisa memicu terjadinya Tsunami.

Dari sebagian peristiwa bencana yang terjadi, musibah longsor cukup sering melanda Indonesia. Pulih sedimen tanah apa acap kali di temui di Indonesia berasal dari hasil letusan gunung berapi.

Tanah jenis ini mempunyai konfigurasi beberapa geram lempung menjangkau sedikit pasir dan bersifat subur. Sedimen tanah pelapukan semacam ini akan berpotensi mengakibatkan longsor di atas musim penghujan.

Peristiwa tanah longsor secara umun dipahami such pergerakan atau perpindahan tanah atau meterial lereng nanti bawah atau keluar dari lereng. Dikutip dari esdm.go.id, tanah longsor terbagi menjadi 6 jenis, yaitu rayapan tanah, aliran jernih rombakan, longsoran translasi, runtuhan batu, longsoran rotasi, dan pergerakan blok.

Adapun negara longsor yang paling sering terjadi di Indonesia adalah negara longsor translasi dan negara longsor. Berikut ini adalah penjabaran dari tanah longsor translasi, rotasi, dan jenis negara longsor yang lain.

*
ilustrasi longsor (pinterest)

Longsoran Translasi

Longsoran yaitu ber-geraknya mass tanah dan batuan pada daerah gelincir berbentuk rata ataukah menggelombang landai.

Longsoran Rotasi

Longsor rotasi merupakan longsor apa terpengaruh karena bergerak-nya dalam jumlah besar tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung.

Pergerakan Blok

Pergerakan blok ialah perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsoran ini disebut tambahan longsoran translasi blok batu.

Runtuhan Batu

Runtuhan batu terjadi dikala sejum-lah besar batuan atau material lain bergerak usai bawah mencapai metode slam bebas. Konvensional terjadi di atas lereng apa curam sampai digantung terutamanya di tempat pantai. Batu-batu besar yang slam bisa menyebabkan berbahaya yang parah.

Rayapan Tanah

Rayapan negara merupakan tipe tanah longsor yang bergerak lambat. Tipe tanahnya berupa butiran bruto dan halus. Tipe tanah longsor ini hampir tak sanggup dikenali. Sesudah waktu apa cukup lama longsor tipe rayapan ini dapat menyebabkan tiang-tiang telepon, pohon, atau rumah miring usai bawah.

Aliran nyata Rombakan

Tipe negara longsor ini terjadi saat ukuran tanah bergerak ditunjang melalui air. Kecepatan aliran tergantung diatas kemiringan lereng, volume dan tekanan air, dan tipe materialnya.

Lihat lainnya: Subtitle How To Train Your Dragon 3, Film How To Train Your Dragon (2010)

Gerakannya terjadi di sepanjang ngarai dan bisa menempuh ratusan meter jauhnya. Di sebagian daerah dapat hingga ribuan meter seperti di ruang angkasa aliran sungai di kyung gunungapi. Aliran negara ini bisa menelan korbancukup banyak.