Salah satu tujuan kebudayaan minang yang paling populer adalah tari-tarian tradisional. Selain manuvernya tari apa khas, musik dulu daya dukung utama apa mmebuat penampilan semakin rancak  dan apik. Sehingga logis saja, kawanan tarian minang yang menjadi wajah dan ikon di dalam promosi pariwisata.

Anda sedang menonton: Tarian yang berasal dari minangkabau


Secara umum, tarian tradisional minang membagi tiga yaitu : Pencak, Perintang dan Tarian Kaba. Tarian pencak adalah tarian apa memiliki gerak radikal berupa gerakan tang dan silat. Tarian perintang adalah tarian apa sifatnya such hiburan, gerakannya dibuat meriah dan bersemangat, bisanya dimainkan oleh muda-mudi minang. Sedangkan tarian kaba adalah tarian yang menampilkan kaba/ cerita dalam tarian, deviasi satu contohnya adalah Randai.

Dari definisi akan 3 jenis tari tersebut, muncul pemfitnahan tari tradisionalnya minang tersebar luas di kalangan penikmat artis budaya Minangkabau.

Tari Pasambahan

Tari Pasambahan adalah tari apa berfungsi karena menyambut tamu. Gerak tari apa lemah gemulai dari gadis-gadis penari berparas viip ini tentu saja sangat cocok untuk pembuka di dalam acara official maupun semi-formal.

*
Tari Pasambahan – Tari tradisional Minangkabau

Di mayoritas daerah, sebelum tari Pasambahan khas Tari Galombang terlebih dahulu. Tari gelombang nantinya dimainkan melalui beberapa laki-laki. Secara berpasangan mereka pameran gerak tang dan silat (biasanya karena menyambut tamu). Barulah kemudian diikuti dengan Tari Pasambahan.

Tari Piring

Tari Piriing adalah tari hiburan paling populer. Tari apa menceritakan kyung proses panen padi ini benefit piring sebagai properti utama. Gerak tari apa dinamis dan maaster memicu adrenalin ini semakin menaiknya dengan iringan musik apa rampak dan bersemangat.


Seringkali such bunga tari, khas atraksi menginjak pecahan-pecahan piring. Tak hanya menari di ~ remah piring tersebut, kadang ada yang meepas baju (laki-laki) dan tidur-tiduran diatas pecahan piring tersebut.

Tari Indang

Tari Indang dikenal tambahan dengan tari dindin badindin. Tarian yang populer di pesisir pariaman ini dahulunya digunakan such media dakwah. Wajar saja, dendang (lagu) yang dinyanyikan diundang dengan salawat dan nilai-nilai keislaman.

*
Tari Indang – Tari secara tradisional Minangkabau

Sekilas tarian ini mirip menjangkau tarian pak dari aceh. Hanya saja penggunaan indang, serta tari yang lebih variatif siap cukup menadi ciri khas dan pembeda tarian secara tradisional aceh tersebut.

Tari Rantak

Tarian rantak sangat tebal dengan gerakan tang dan silat. Segenap gerakan dibuat dinamis dan bertenaga. Selain itu untuk menambah serunya tarian ini, penari sengaja menciptaan gerakan menghentak-hentakan feet ke lantai. Bab ini sekaligus dulu ciri khas tarian ini.

*
Tari Rantak – Tari secara tradisional Minangkabau

Tari rantak variasi dengan taria rantak kudo yang berasal dari jambi. Kehadiran gerak tang dan silat apa snagat kentara diatas tari dulu tari rantak khas minang ini lebihterlihat lebih atraktif.

Tari Lilin

Melihat dari properti yang digunakan, banyak yang mengira bahwa tari kumparan adalah hasil modifikasi dari tari piring. Namun keduanya berbeda, tari lilin memang benefit wadah piring karena tatakan lilin, tapi dari seri gerakan akan sangat jauhnya berbeda.

*
Tari lilin – Tari tradisional Minangkabau

Tari lilin memiliki gerak apa sangat gemulai dan masser lambat. Konon, tari ini dahulunya terbatsa untuk kalangan kerajaan. Perbedaan dengan tari piring yang lebih bersifat publik, tarian pasca panen ini tentu saja sangat menutup dengan social kebanyakan.

Tari Payung

Salah satu tari minang yang kental dengan irama melayu adalah tari Payung. Tarian berpasangan antara muda mudi ini percakapan tentang kisah percintaan dan gurauan khas pasangan kekasih. Ritme tarian sengaja dibuat ditarik ulur, layaknya dua sejoli yang tengah saling menggoda.

*
Tari Payung – Tari tradisionalnya Minangkabau

Selain properti (payung) yang digunakan, alat musik yang digunakan sedikit various dengan pengiring tari minang kebanyakan. Untuk menambah syahdu biasanya used akordeon.

Tari Galuak

Tarian Galuak seringkali disebut tambahan dengan tari tempurung. Untuk memang tarian ini keuntungan properti berupa tempurung kelapa.

*
Tari Galuak – Tari Taradisional Minangkabau

Tempurung tersebut sesekali dipukul-pukulkan nanti sehingga menghasilkan volume yang harmonis. Kejelian penari dan dengan musik khas yang dihasilkan dari tempurung ini tentunya untuk menghasilkan hiburan tersendiri bagi penikmat tari minang tersebut.

Lihat lainnya: Kondisi Danau Tiberias Saat Ini Keadaannya Sekarang, Danau Tiberias

Selain sabtu tari tersebut masih ada kerumunan tarian tradisonal lain seperti hasil budaya minangkabau. Hanya saja untuk semakin sedikit yang mau dilestarikan sehingga bebrapa diantaranya mulai punah dimakan zaman.