Jalan Tol Bali Mandara adalah nama jalan tol pertama yang ada di Bali atau malah seperti jalan Tol terapung duluan di Indonesia. Membentang sepanjang 12,7 km diatas laut, cara tol ini terbilang unik dibanding cara tol yang ada di Indonesia untuk satu-satunya tol apa ada jalan sepeda motornya di ruas sisi kiri dan kanan. Liong jalan tol di Bali ini hampir sama mencapai Penang leg di Malaysia apa panjangnya menjangkau 13,5 km, ataukah Union leg sepanjang 12,9 kilometres di Kanada.

Anda sedang menonton: Tol bali mandara malam hari

Jalan Tol Bali Mandara menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Berikut adalah penampakan jalan Tol terapungnya…

Foto: jalan Tol Bali Mandara

Berapa Tarifnya?

GolonganTarif TolJenis Kendaraan
I11.500sedan, jip, choose up, van kecil dan bus
II17.500truk mencapai dua gandar
III23.500Truk menjangkau tiga gandar
IV29.000truk menjangkau empat gandar
V35.000truk dengan tahun gandar
VI4.500Motor rosa dua

Ada 5 fact unik mengenai cara Tol Bali Mandara diantaranya:

Fakta 1 —> 100% buatan Indonesia

Kenapa? karena Konstruksi jalan tol ini dibuat oleh konsorsium BUMN dan BUMD Bali. Tak hanya itu, jalan tol sepanjang 12,7 km dan menghabiskan dana 2,4 trilyun ini juga dibiayai oleh sindikasi bank BUMN dan Jasa Marga, tidak melibatkan APBN kemiripan sekali. Juga, product dan teknologi seluruhnya merupakan karya anak bangsa. Mantap bukan…

Fakta 2 —> Pembuatannya terutang singkat

Jalan tol ini awal dikonstruksi sekitar moon Maret 2012 dan selesai sekitar bulan Mei 2013. Terhitung cepat untuk pengerjaan tol di ~ laut tersebut. Tak kerumunan lahan yang harus dibebaskan untuk sebagian geram tol ini hung di atas laut. Hanya saja, ada banyak lahan mangrove yang tergerus di atas masa konstruksi, meski demikian sebanyak 16.000 menghanguskan mangrove back ditanam nanti konstruksi selesai.

Fakta 3 —> Ternyata sebelumnya ~ no bernama Bali Mandara

Awalnya, cara tol ini dikenal dengan tol atas laut Bali. Orang pun ada apa menyebutnya jalur tol Nusa Dua-Nugrah Rai-Benoa untuk menghubungkan ketiga quenn tersebut. Cabang Bali made Mangku Pastika mengusukan 2 nama buat tol tersebut nanti Presiden SBY. Dua namu itu adalah Soekarno Hatta dan Bali Mandara.

Fakta 4 —> Ada beraliran sepeda motornya

Ini merupakan jalan diatas laut pertama apa memiliki beraliran khusus motor. Engine disediakan jalan khusus sebelah kiri – kanan bahu cara dan dikenakan tarb Rp 4.000 begitu banyak, begitu banyak masuk. Rate motor yang melaju di tol ini ditetapkan 25 km/jam – 40 km/jam.

Lihat lainnya: Cara Daftar Paket Internet Kartu Simpati Prepaid Packages For Calls And Internet

Fakta 5 —> Dipasang CCTV dan alat pemantau angin selama 24 jam

Karena dibangun di ~ perairan, tol ini riskan terhadap besarnya kecepatan angin. Oleh buat itu, dipasanglah alat pengukur rate angin di setiap gerbangnya tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa). Jika rate angin mencapai 40 km atau lebih, cara tol ditutup sementara untuk menghindari berbahaya kecelakaan. Tak hanya itu, CCTV 24 pukul siap memantau pergerakan kendaraan jika sewaktu-waktu ada kendaraan apa mogok. Jasa Marga pun menyediakan derek gratis.